Kekurangan dan Kelebihan Windows 10, Cara Memaksimalkan KinerjanyaAbi Blog

Kekurangan dan Kelebihan Windows 10 serta Cara Memaksimalkan Kinerjanya

Kekurangan dan Kelebihan Windows 10 ~ Microsoft sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia pada tanggal 29 Juli 2015 yang lalu secara resmi mengumumkan bahwa Windows 10 yang merupakan update terbaru operating sistem windows, serentak diluncurkan di 190 negara, termasuk Indonesia.

Banyak sekali kelebihan yang terdapat pada Windows 10 dibandingkan dengan yang sebelumnya. Apalagi dengan adanya free upgrade bagi para pengguna PC dan tablet berbasis Windows 7 dan Windows 8.1 original semakin menambah nilai plus tersendiri bagi Windows 10.

Kekurangan dan Kelebihan Windows 10
Kekurangan dan Kelebihan Windows 10

Kekurangan dan Kelebihan Windows 10

Lantas apa saja kelebihan Windows 10?

System windows 10 merupakan versi lengkap dari sistem operasi sebelumnya. Windows 10 memiliki kemampuan menggabungkan beberapa tombol start menu yang terdapat pada windows 7 dan windows 8.

Bahkan pada Windows 10 juga dapat menampilkan beberapa aplikasi (multi aplikasi) hanya dalam satu layar saja.

Selain itu, Windows 10 diklaim lebih personal, natural dan aman untuk meningkatkan produktivitas pemakainya karena pada proses pembuatan Microsoft sangat memperhatikan saran-saran pengguna melalui program Windows Insider. Berikut beberapa kelebihan dari Windows 10.

1. Kembalinya Tombol ‘start’

Tombol start yang sempat tidak ada di Windows 8 kini dimunculkan kembali pada system operasi Windows 10. Hal ini dikarenakan mengingat banyak nya kritik dan komentar pada system Windows 8 yang menghilangkan tombol start yang sudah menjadi ciri khas dari system Windows.

Sehingga banyak pula pengguna yang merasa kebingungan dan sulit mengoperasikan system Windows 8 akibat hal tersebut.

2. Hadirnya Cortana, asisten digital personal Windows 10

Sebelumnya Cortana sudah pernah hadir pada Windows Phone, namun saat ini cortana dapat dijumpai untuk seluruh perangkat yang berbasis Windows 10.

Cortana pada Windows 10 dapat mendeteksi suara dengan lebih cerdas sehingga dapat memudahkan aktifitas pengguna untuk melakukan banyak hal hanya dengan perintah suara.

3. Microsoft Edge, pengganti Internet explorer

Para pengguna saat ini dapat bergembira dengan adanya fitur ini. Jika banyak sebelumnya yang mengeluhkan tentang fitur internet explorer yang terlalu berat dan lamban, hal tersebut tidak akan terjadi lagi pada windows 10. Karena Windows 10 menghadirkan Microsoft Edge sebagai web browser bawaan.

Kelebihan yang paling diunggulkan dari Microsoft Edge adalah kemampuannya untuk menggambar, mencoret, dan memberikan catatan di laman web serta dapat langsung membagikannya kepada rekan-rekan penggunanya..

4. Windows store terbaru

Kelebihan yang ditawarkan lainnya adalah dengan hadirnya Windows Store. Pengguna dapat mengunduh aplikasi, permainan, musik, video, dan lainnya.

Windows Store menjadi one-stop shopping yang lengkap untuk mencari aplikasi populerbaik gratis maupun berbayar, games, film, dan music yang dapat berfungsi di seluruh perangkat Windows 10.

5. Aplikasi XBOX

Dengan adanya aplikasi ini akan memudah para gamers ketika menggunakan Windows 10. Para pengguna Xbox dapat menggunakan Windows 10 untuk bermain dan membagikan hasil permainan dengan gamer lainnya.

6. Continuum

Melalui fitur continuum pengguna dapat menggunakan fasilitas konektifitas antar perangkat, yaitu dengan menghubungkan smartphone dengan laptop atau PC yang memiliki windows 10.

Selain itu, tidak hanya ke sesame Windows 10 namun kompatibiltas dengan berbagai perangkat yang memiliki system operasi lain juga dapat dilakukan seperti pengguna iphones, android, dan Windows Phone

7. Windows Hello

Windows Hello merupakan system keamanan yang membuat pengguna secara mudah dan cepat sign-in ke dalam perangkat, yaitu hanya dengan men-scan wajah atau jari. Fitur deteksi keamanan secara biometric ini menjadi kelebihan windows 10 dibandingkan versi sebelumnya.

Mungkinkah ada kekurangan pada Windows 10?

Meskipun terbilang lebih komprehensif dan canggih dibandingkan system sebelumnya. Namun terdapat beberapa kelemahan yang terdapat pada Windows 10. Dan berikut adalah beberapa kelemahan yang terdapat pada Windows ini:

Pertama, karena sistem yang masih baru mengakibatkan belum banyak aplikasi terutama games yang kompatibel dengan sistem Windows 10. Sehingga menyulitkan untuk pengguna games jika menggunakan Windows 10.

Kedua, seperti yang sudah dijelaskan pada Windows 10 terdapat web browser bawaan yaitu Microsoft Edge. Yang menjadi permasalahan adalah pengguna akan sulit mengganti default browser karena pihak Microsoft sendiri sudah memproteksi sistem operasinya.

Tips memaksimalkan kinerja Windows 10

1. Agar Boot pada Windows 10 lebih cepat

Untuk membuat proses booting lebih cepat, pengguna dapat mengatur nya dengan melakukan setting pada msconfig dan kemudian masuk pada kolom boot advance options untuk mengatur number of processor menjadi lebih dari 1. Setelah itu, restart computer agar setting dapat teraplikasikan

2. Mematikan layanan start up

Dengan mematikan layanan start up, pastinya akan memperingan kinerja computer anda. Karena dengan adanya layanan start up, maka biasanya beberapa aplikasi akan terbuka secara bersamaan ketika computer pertama kali dihidupkan.

Nah, itu dia di atas berbagai ulasan Kekurangan dan Kelebihan Windows 10. Semoga apa yang kami share di atas bisa bermanfaat.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *