Berikut Adalah 7 Kelebihan Android dibanding iPhone

Kelebihan Android dibanding iPhone ~ Saat ini dunia ponsel pintar memang di dominasi atau dikuasai oleh 2 raksasa sistem operasi, yaitu Android dan iOS. Ada berbagai macam merk ponsel Android yang beredar yang kebanyakan menggunakan salah satu dari 2 jenis OS diatas.

Di Indonesia sendiri pasar Android didominasi oleh pabrikan Korea dan Cina. Sedangkan iOS hanya khusus digunakan untuk smartphone iPhone milik vendor terkenal Apple.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Jauh Tentang VGA Card NVDIA dan AMD Radeon

Nah, bagi Anda yang berencana membeli smartphone baru, pastinya dibingungkan oleh beragam pilihan merk, serta bingung antara memilih Android dan iPhone. Dan sebagai referensi, berikut adalah 7 kelebihan android di banding IPhone.

Kelebihan Android dibanding iPhone
Kelebihan Android dibanding iPhone

Kelebihan Android dibanding iPhone

1. Open Source

Android merupakan sistem yang didasari oleh sistem operasi komputer Linux. OS ini memiliki kelebihan bisa dimodifikasioleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun.

Kemudahan ini menjadikan beberapa vendor besar memodifikasi Android untuk ponsel pabrikan mereka seperti:

  • Touch Wish (Samsung)
  • MiUI (Xiaomi)
  • ZENUI (Asus)
  • VibeUi (Lenovo)
  • ColorOS (Oppo)

Sedangkan iOS milik iPHone cenderung bersifat tertutup. Anda pun tidak bisa memodifikasi Android ini sesuka hati.

2. Banyak Aplikasi Gratis

Perbedaan yang paling mendasar dari Android dengan iPHone adalah aplikasi yang ditawarkan. Di Android Anda bisa memperoleh banyak sekali aplikasi gratis melalui Google Play Store.

Anda bisa puas bermain game dan aplikasi hiburan lainnya dengan mengunduhnya dari Play Store ini.

Sedangkan jika Anda memiliki iPhone, maka Anda harus rela membeli setiap aplikasi yang Anda inginkan melalui iStore. Jika Anda termasuk orang yang perhitungan, maka sebaiknya Anda memilih smartphone Android saja.

3. User Interface

Tampilan tatap muka Android jauh lebih mudah dan simpel daripada iPhone. Semua orang dari berbagai kalangan umur pun bisa mengoperasikan smartphone Android ini tanpa adanya kesulitan yang berarti.

Selain itu, di Android Anda bisa mengubah UI bawaan dengan UI Custom sesuai keinginan masing-masing. Jika Anda bosan dengan satu tampilan, Anda dapat menggunakan tampilan lainnya yang ebih unik.

Hal ini berbeda dengan iPhone yang justru hanya bisa menggunakan satu tampilan antarmuka saja, yaitu tampilan bawaan dari vendor tersebut. Pengguna iPhone tidak bisa mengkustom ROM smartphone mereka sesuka hati seperti di Android.

4. Ukuran Layar Beragam

Varian jenis smartphone Android sudah sangat beragam, terutama pada bagian lebar layar. Anda bisa menjumpai smartphone Android mulai dari layar 3 inch, 5,5 inch yang saat ini sedang digandrungi, ataupun model tablet dengan layar 7-10 inch.

Anda tentunya dapat memilih smartphone dengan lebar layar yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan Anda.

iPhone sendiri ternyta belum berfikir untuk mengembangkan desain lebar layar produk mereka. terbukti iPhone baru saja membuat varian produk dengan lebar layar 5,5 inch setelah para vendor smartphone Android pesaingnya sukss memproduksi hal yang serupa.

5. Support Slot MicroSD

Jika kapasitas internal memory di smartphone Android Anda kurang, maka Anda tinggal memasang microSD pada slot yang tersedia dan file-file yang besar pund apat ditampung.

Sedangkan iOS dari dulu hingga sekarang belum pernah menyematkan slot MicroSD di smartphone mereka.

6. Baterai Bisa Dilepas

Kebanyakan smartphone Android memiliki keunggulan di bidang baterai yang bisa dilepas-pasang. Namun,ada pula pilihan smartphone Android yang menggunakan built-in battery. Anda tinggal memilih sesuai dengan pertimbangan masing-masing.

Hal ini berbeda dengan iPhone yang baterainya baru bisa dilepas di service center resmi mereka. tidak sembarang orang boleh melepas baterai iPhone dengan alasan keamanan sistem.

7. Kirim File dengan Bluetooth

Jika Anda menggunakan Android, maka Anda bisa mengirimkan file dengan perangkat bluetooth ke berbagai device lainnya seperti laptop, komputer, dan hp lain.

Namun, jika Anda menggunakan iPhone, Anda hanya bisa mengirimkan file bluetooth dengan sesama iPhone.

Itulah 7 kelebihan Android dibandingkan dengan iPhone yang harus Anda ketahui.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *