Kelebihan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Rumah

Diposting pada

Listrik Tenaga Surya

Matahari, Air, dan Udara merupakan energi yang disediakan alam dan bersifat tak terbatas. Untuk itu sebaiknya kita memanfaatkan apa yang disediakan oleh alam ini dengan se-optimal mungkin, salah satu caranya yakni menciptakan rumah dengan listrik tenaga surya.

Memang bisa menggunakan listrik tenaga surya pada rumah kita? Bisa, kenapa tidak. Mahal dong pastinya? Ya, mungkin mahal di awal akan tetapi kedepan-nya akan sangat hemat dan ramah lingkungan.

Di Indonesia sendiri, penggunaan pembangkit listrik tenaga surya yang biasa di tingkat PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dianggap kurang sesuai dan tidak terjangkau untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Padahal, dengan membagi skala prioritas penggunaan PLTS akan sangat efisien lho.

Saat ini pemerintah sudah mulai mensosialisasikan pembangkit listrik tenaga surya ini untuk menyediakan pasokan listrik di wilayah pedesaan atau wilayah terpencil, yang sulit di jangkau atau diakses oleh PLN.

Baca Juga :  Membuat Rangkaian Power Bank Sendiri di Rumah

Biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat PLTS di rumah memang cukup mahal, akan tetapi ini merupakan investasi jangka panjang ke depan. Agar Anda lebih mantap untuk mencoba sistem baru ini, kami akan memberikan ulasannya lebih detail pada bahasan kali ini.

Kelebihan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Rumah
Kelebihan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Rumah

Berikut Keuntungan Membuat PLTS di Rumah :

1. Menghemat Biaya Listrik untuk Jangka Panjang

Listrik merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan manusia, Anda membutuhkan listrik bukan untuk satu atau dua tahun saja. Melainkan seumur hidup, jika sekarang Anda mengeluarkan biaya untuk membeli sebuah PLTS di rumah.

Maka selain menghemat budget yang harus dikeluarkan tiap bulannya untuk membayar listrik, Anda juga bisa mewariskan listrik ini kepada anak dan cucu Anda kelak.

2. Mengurangi Emisi Karbon

Indonesia merupakan negara keenam terbesar yang menghasilkan emisi karbon. Nah, dengan mempelopori rumah-rumah bertenaga listrik dari PLTS, Anda telah memulai kebiasaan baik dan mengurangi ketergantungan terhadap listrik dari hasil pengolahan batu bara.

Baca Juga :  Induktor

3. Tidak Membutuhkan Perawatan Khusus

Metode pembangkit listrik tenaga surya ini selain hemat karena tidak membutuhkan bahan bakar, juga sangat praktis karena tidak memerlukan perawatan khusus yang membutuhkan banyak biaya.

4. Bersifat Moduler

Pembangkit listrik tenaga surya ini bersifat moduler, yang artinya tidak memerlukan operator untuk mengatur energi. Di samping itu kapasitas listrik yang akan dihasilkan oleh PLTS dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

5. Ringan dan Flexibel

Alat untuk pembangkit listrik tenaga surya ini mudah sekali di pasang karena ringan dan tidak membutuhkan alat berat. Anda bahkan bisa memindahkannya sewaktu-waktu apabila diperlukan.

6. Menjangkau Daerah Terpencil

Praktis tanpa kabel dan bisa digunakan dimanapun, khususnya di Indonesia yang merupakan negara ber-iklim tropis dengan intensitas terik matahari yang tinggi di sepanjang tahunnya. Karena itu teknologi PLTS bisa dengan mudah digunakan di daerah-daerah pedesaan atau daerah terpencil sekalipun.

Baca Juga :  Jenis Generator Listrik dan Fungsinya

7. Terhindar Dari Pemadaman PLN

Yah, pemadaman memang bukanlah hal yang genting atau gawat sekali. Akan tetapi pada waktu-waktu tertentu, dimana Anda harus mengejar deadline yang ditunggu client tiba-tiba saja terjadi pemadaman listrik akibat perbaikan atau gangguan lain. Bagaimana perasaan Anda? Jengkel, bukan!

Dengan memasang sendiri PLTS untuk rumah Anda, secara tidak langsung Anda bisa menghindari kejadian di atas menimpa Anda.

Itulah ketujuh manfaat serta kelebihan pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS, yang turut menekan pemanasan global karena ramah lingkungan dan hemat energi. Semoga tips ini bermanfaat dan memantapkan niat Anda untuk mencoba PLTS dirumah.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.