Kelemahan Smartphone Tipis yang Wajib Anda TahuAbi Blog

Hati-Hati Membeli Smartphone Tipis, Inilah Kelemahan yang Wajib Anda Tahu

Kelemahan Smartphone Tipis ~ Saat ini banyak sekali produsen yang berlomba-lomba menciptakan ponsel pintar dengan ukuran yang tipis. Semakin tipis suatu ponsel, biasanya cenderung semakin diminati, karena banyak yang menganggap semakin modern dan futuristik.

Oleh karenanya untuk memanjakan para konsumen, banyak vendor yang merilis produk sejenis.

Kelemahan Smartphone Tipis
Kelemahan Smartphone Tipis

Kelemahan Smartphone Tipis

Tapi, tahukah Anda bahwa dibalik berbagai keunggulannya ada berbagai efek negatif dari smartphone tipis tersebut?

Nah, idealnya sebelum memutuskan untuk membeli, alangkah baik jika Anda menyimak tentang kelemahan smartphone tipis berikut ini:

1. Kapasitas Baterai Kecil

Demi mendapatkan bentuk smartphone yang tipis sesuai dengan keinginan konsumen, para produsen smartphone pun terpaksa mengurangi beberapa fitur pada ponsel-ponsel terdahulu seperti baterai.

Semakin tipis ukuran smartphone, maka kapasitas baterai akan semakin kecil. Karena baterai tetap butuh ruang untuk menyimpan banyak daya yang tidak sesuai dengan konsep smartphone tipis yang mereka usung.

Walaupun banyak smartphone tipis yang saat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas rapid/fast charging, namun tetap saja kemampuan baterai dalam menyimpan daya terbilang kecil.

Sehingga Anda pun harus rela mengisi ulang baterai berkali-kali. Apalagi jika Anda gemar bermain game atau berselancar di dunia maya.

2. Beresiko Meledak

Anda pasti pernah membaca berita mengenai ledakan smartphone yang bahkan sampai melukai pemiliknya. Nah, smartphone tipis mililiki kecenderungan untuk seperti itu. Jadi sebaiknya Anda berpikir dua kali sebelum membelinya.

Ada berbagai alasan meledaknya sebuah smartphone tipis. Para pakar teknologi menyatakan bahwa ledakan dapat terjadi karena pada smartphone yang tipis, banyak komponen yang dipasang saling berdekatan, sehingga resiko konsleting listrik semakin besar.

Selain itu, banyak pula orang yang tetap membiarkan smartphonenya tercharging walaupun sudah penuh. Arus daya yang besar ini juga dapat menyebabkan ledakan.

3. Cepat Panas

Para pemilik smartphone tipis pasti sangat memahami kondisi ini, dimana ponsel mereka lebih cepat panas saat digunakan. hal ini terjadi karena smartphone tipis bersifat kedap udara, sedangkan semua komponen terus bekerja dan menghasilkan panas.

Kondisi ini biasanya terjadi pada smartphone yang banyak digunakan untuk bermain game atau aktif berselancar internet. jika suhu panas berlebihan, maka ada kemungkinan bisa membakar salahs atu komponen di dalam smartphone. Ini menjadi awal mula rusaknya hardware smartphone Anda.

4. Licin Saat Digunakan

Smartphone tipis biasanya menggunakan abhan-bahan metal atau sejenisnya yang memiliki permukaan halus. Material ini dipilih untuk menambah kesan kokoh pada smartphone.

Namun, pemilihan material ini ternyata membuat smartphone tipis menjadi licin saat digenggam. Bisa saja smartphone Anda mudah jatuh dan rusak gara-gara licin.

Ponsel tipis pun ternyata tidak begitu tahan terhadap benturan, apalagi jika jatuh dari tempat yang tinggi. Smartphone tipis yang saat ini beredar di pasaran nyatanya sangat mudah rusak walaupun terbentur sedikit.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya meminimalisir resiko rusak karena terjatuh.

5. Jack Headphone 3,5 mm Hilang

Kabar buruk berikutnya efek dari smartphone tipis adalah hilangnya jack headphone yang berukuran 3,5 mm. Walaupun tidak semua produsen smartphone menghilangkan fitur ini, namun ponsel seperti iPhone 7 dan lenovo Moto Z ternyata memilih menghilangkannya demi mendapatkan bentuk tipis maksimal.

Anda pun terpaksa harus membeli perangkat tambahan berupa bluetooth headset yang biasanya harganya sangat mahal, bahkan mencapai ratusan ribu rupiah. Padahal headphone atau headset biasa dapat dibeli dengan kisaran harga di bawah 100 ribu rupiah.

Itulah diatas 5 kelemahan smartphone tipis yang harus Anda tahu sebelum memutuskan membelinya.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *