Ketelitian Mikrometer Sekrup, Bagian-bagian dan Cara PenggunaannyaAbi Blog

Memahami Ketelitian Mikrometer Sekrup dan Cara Kerjanya

Ketelitian Mikrometer Sekrup

Ketelitian Mikrometer Sekrup ~ Mikrometer Sekrup merupakan salah satu jenis alat ukur untuk mengukur benda yang sangat kecil. Ketelitian micrometer sekrup dalam pengukurannya sangat teliti sekali hingga mencapai 0,01 milimeter.

Biasanya dengan ketelitian mikrometer sekrup, bisa dipakai untuk mengukur panjang, ketebalan, dan diameter luar sebuah benda yang memiliki ukuran kecil atau tipis.

Baca Juga :  Memahami Komposisi dan Spesifikasi Stainless Steel Tipe 304 dan 304L

Mikrometer sekrup mempunyai beberapa bagian, seperti rahang utama yang dipakai untuk skala utama dan rahang putar yang dipakai untuk skala nonius. Pada skala utama micrometer sekrup biasanya terbagi ke dalam satuan millimeter dan setiap jarak 5 milimeter akan diberi angka.

Apabila anda memutar selubung pengukur pada micrometer sekrup sebanyak 1 putaran penuh, maka rahangnya akan bergeser maju ataupun mundur yang tergantung pada pemutaran yang anda lakukan setiap 0,5 milimeter.

Baca Juga :  Pemipaan dalam tanah

Jika anda memutarnya sebesar dua kali putaran, rahang micrometer sekrup akan bergeser hingga 1 milimeter.

Dengan ketelitian mikrometer sekrup yang sangat besar, alat ini bisa digunakan untuk mengukur benda yang sangat kecil sekali.

Ketelitian mikrometer sekrup biasanya dipakai untuk mengukur panjang, ketebalan, atau diameter sebuah benda yang cukup kecil sekali, seperti lempeng baca, diameter kabel, lebar kertas, aluminium, dan sebagainya.

Baca Juga :  Pengertian Psi dalam satuan tekanan

Pemakaian micrometer sangat banyak kegunaannya, intinya alat ini digunakan untuk mengukur benda dengan sangat teliti.

Ketelitian Mikrometer Sekrup
Ketelitian Mikrometer Sekrup

Bagian-Bagian Mikrometer Sekrup

Kami akan memberikan informasi bagi anda tentang cara penggunaannya. Tapi sebelumnya anda harus mengenal beberapa bagian micrometer sekrup agar lebih paham.

Inilah beberapa bagian micrometer sekrup yang perlu anda kenal, antara lain :

  • Bagian poros tetap, yaitu bagian ujung poros yang tidak bisa bergerak atau tetap
  • Bagian poros geser, yaitu bagian poros yang dapat anda gerakkan ke depan ataupun ke belakang.
  • Bagian skala utama (dalam satuan millimeter)
  • Bagian skala nonius atau disebut sebagai skala putar, 1 skala putar biasanya menunjukkan 0,01 milimeter.
  • Bagian pemutar, yaitu bagian yang digunakan untuk menggerakkan porosnya.
  • Bagian pengunci, yaitu bagian yang berfungsi untuk mengunci benda yang diukur agar saat pengukuran tidak bergeser tempatnya atau tetap.
  • Bagian rachet, yaitu bagian yang berfungsi untuk memajukan atau memundurkan
  • Bagian frame atau bingkai yang membentuk huruf U

Apabila anda telah memahami bagian-bagian dari micrometer sekrup, selanjutnya anda dapat mengetahui bagaimana cara menggunakannya.

Cara Penggunaan Mikrometer Sekrup

Untuk memakai micrometer sekrup caranya sangat sederhana, langsung saja perhatikan langkahnya berikut ini :

  • Pertama-tama, anda harus memastikan bahwa pengunci dalam keadaan terbuka
  • Selanjutnya, anda perlu melakukan pengecekkan apakah poros tetap dan poros geser sudah bertemu dengan skala dan juga pastikan skala nonius berada pada angka nol.
  • Jika semuanya sudah anda pastikan, buka saja rahang micrometer sekrup dengan cara menggerakkan bagian pemutar ke arah kiri hingga benda yang akan anda ukur bisa masuk ke dalam rahang micrometer sekrupnya.
  • Jika benda sudah bisa masuk ke bagian rahang, usahakan untuk menempatkannya di antara poros tetap dan poros geser, selanjutnya putar lagi bagian pemutar hingga rahan micrometer sekrup tertutup kembali dan benda yang akan diukur dalam keadaan terjepit.
  • Putar bagian pengunci agar pemutar tidak lagi bergerak dan sampai mengeluarkan bunyi “klik”. Jika anda melakukannya dengan benar, ukuran benda akan dapat segera anda ketahui.

Itulah beberapa informasi tentang micrometer sekrup yang dikenal memiliki ketelitian yang tinggi untuk mengukur benda yang sangat kecil.

Jika anda melakukan langkah-langkah dengan benar, maka anda akan mendapatkan hasil dari ketelitian mikrometer sekrup.

Semoga artikel ini bisa menjadi sumber referensi yang berguna.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *