Keuntungan Sambungan Star dan Delta

Diposting pada

Dalam sistem alternator 3-phase atau generatorada dua pilihan sambungan yang bisa digunakan, yaitu sambungan Star atau sambungan Delta. Demikian juga pada perangkat-perangkat yang menggunakan tegangan tiga phase, misalnya motor, dll.

Keuntungan Sambungan Star dan Delta
Keuntungan Sambungan Star dan Delta

Lalu apa keuntungan kedua jenis sambungan di atas (star dan delta) ?.

Keuntungan sambungan / koneksi Star

  1. Dalam sambungan Star, tegangan fase adalah:

V ph= VL / 31/2

Karena EMF induksi di dalam gulungan primer dari alternator berbanding lurus dengan jumlah putaran, alternator yang terhubung star membutuhkan jumlah kurang dari putaran pada sambungan delta pada tegangan yang sama.

  1. Pada tegangan yang sama, hubung star membutuhkan lebih sedikit isolasi dari hubung delta. Karena alasan diatas maka alternator 3-phase umumnya terhubung STAR.
  2. Pada hubung star, dihasilkan 3-phase dan 4 kawat / kabel pada sistem. Hal ini memungkinkan penggunaan dua tegangan (tegangan fase serta tegangan line). Beban fase tunggal dapat dihubungkan antara satu line dan terminal netral, sedangkan jika menggunakan tegangan tiga phase dapat diletakkan di tiga baris. Fleksibilitas ini tidak tersedia pada hubung delta.
  3. Pada hubung star, titik netral dapat dibumikan atau digroundingkan. Pembumian netral memungkinkan penggunaan perangkat pelindung (relay) untuk melindungi sistem dalam masalah kesalahan grounding.

Keuntungan sambungan Delta

  1. Jenis sambungan ini paling cocok untuk motor-motor konveyor.
  2. Sebagian dari beban tiga phase pada hubung delta adalah hubung star. Pada masalah pemakaian beban yang tidak seimbang, memungkinkan fleksibilitas dengan penambahan dan penghilangan pada phase tunggal. Hal ini tidak bisa dilakukan pada hubung star 3 kawat.
  3. Sebagian besar motor induksi menggunakan hubng delta.

Demikian keuntungan masing-masing sambungan star dan sambungan delta.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.