Koneksi Kendaraan Dengan Teknologi 5G

Diposting pada

Dasar Koneksi Kendaraan Dengan Teknologi 5G

Perkembangan teknologi 5G di dunia komunikasi seluler akhir-akhir ini, dalam tahap pemanfaatan. Apa pengaruhnya terhadap dunia otomotif? Dalam hal koneksi kendaraan dengan teknologi 5G, memungkinkan pengembangan dan riset yang sangat menarik. Misalnya pemanfaatan mengemudi otomatis yang membutuhkan kecepatan konektivitas yang dimiliki oleh teknologi 5G.

Baca Juga :  Fungsi dan keuntungan menggunakan Anybus Communicator

5G mencakup banyak hal, kecepatan sambungan dalam milidetik, layanan geolokasi dalam meningkatkan akurasi dalam toleransi sentimeter. Sangat dibutuhkan dalam pewujudan kendaraan dengan kemudi otomatis.

Teknologi jaringan 5G berbareng dengan DSRC ( Dedicated Short-Range Communication), menjadi dasar utama terbangunnya koneksi antara mobil dengan mobil, mobil dengan motor, motor dengan pejalan kaki. Menurut prediksi, ada sekitar 250 juta kendaraan yang saling berkomunikasi di tahun 2020.

Baca Juga :  Beberapa teknologi masa depan yang akan merubah dunia

Hal yang paling istimewa dalam teknologi 5G terutama untuk dunia otomotif adalah masalah tingkat kecepatan data seluler yang handal. Ini sangat penting untuk pengembangan komunikasi antar kendaraan ataupun kendaraan kemudiotomatis / mandiri.

Koneksi Kendaraan Dengan Teknologi 5G

Celluler Vehicle To Everything (C-V2X)

Celluler Vehicle To Everything (C-V2X), merupakan ide awal terbentuknya konektivitas antar kendaraan. Dengan hubungan tanpa kabel secara real-time yang beroperasi diantara mobil, sepedamotor, pejalan kaki serta infrastruktur pendukung. Pada perkembangannya, dengan latensi rendah dan bandwidth tinggi sangat memungkinkan untuk menciptakan ADAS (Advanced Driver-Assistance System) dan juga kendaraan self-driving.

Jadi untuk mewujudkan koneksi kendaraan dengan teknologi 5G, dimulai dengan membangun dasar C-V2X. Yang akhirnya bisa mewujudkan kendaraan kemudi mandiri, kendaraan transportasi cerdas untuk aplikasi kota pintar.

Teknologi Advent C-V2X didasarkan pada spesifikasi 3GPP Release 14 untuk komunikasi langsung berbasisPC5dengan kendaraan lain, dengan pengguna jalan lain seperti pejalan kaki, pengendara sepeda motor dan infrastruktur sepanjang jalan yang meliputi rambu lalu lintas, zona kontruksi, dll.

Intellegent Transport System (ITS)

Jaringan komunikasi berkecapatan tinggi memotong kebutuhan untuk koneksi jaringan seluler melaluikartu SIM atauberlangganan jaringan seluler. Bekerja di jalur 5,9 GHz Intellegent Transport System (ITS) yang selaras secara global untuk komunikasi kendaraan ke kendaraan (Vehicle-to-Vehicle = V2V), kendaraan ke infrastruktur (Vehicle-to-Infrastructure = V2I), dan kendaraan ke pejalan kaki (Vehicle-to-Pedestrian = V2P).

C-V2X bekerja dalam dua mode transmisi, yaitu komunikasi secara langsung dan komunikasi berbasis jaringan. Komunikasi langsung berbasis PC5 menangani masalah lokasi, kecepatan, dan bahaya lokal sementara jaringan seluler public yang beroperasi dalam spectrum operator seluler berlisensi sebagai pelengkap keselamatan di tepi jalan.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.