Penyebab Kuota Internet Cepat Habis dan Cara Jitu Mengatasinya

Diposting pada

Kuota Internet Cepat Habis ~ Sekarang ini, tampaknya hampir semua manusia membutuhkan koneksi internet. Terlebih para remaja. Bisa dibilang, kebutuhan akan data internet, setara dengan kebutuhan akan pulsa.

Bahkan tak jarang yang lebih memiliha paket data internet daripada pulsa untuk telepon/sms, karena seperti yang kita tahu, dengan data internet kita bisa melakukan banyak hal, bukan hanya chat, tapi juga melakukan panggilan, bahkan video chall.

Saat ini hampir semua orang, terutama remaja pasti mempunyai akun media sosial, mulai dari facebook, line, Instagram, BBM, Whatsapps, dan lain sebagainya, yang tentu saja semua medsos di atas membutuhkan koneksi internet.

Jadi sangat vital sekali kan peran data internet saat ini?

Nah, berbicara mengenai data internet, pernahkah Anda merasa kuota paket data yang Anda miliki terkesan cepat habis tanpa kita sadari? Jika pernah, berarti kemungkinan Anda sering melakukan beberapa hal berikut ini.

Kuota Internet Cepat Habis
Kuota Internet Cepat Habis

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

1. Unggah dan Streaming Video di Youtube

Mengunggah video ke Youtube bisa menghabiskan kuota internet yang cukup besar. Setting unggahan dengan video beresolusi High-Definition (HD) dapat menghabiskan kuota internet sebesar 200 MB permenit.

Selain mengunggah video, bagi Anda yang suka menonton video di Youtube dengan cara streaming juga menjadi penyebab kuota internet Anda cepat habis. Tak heran jika Youtube-pun menayangkan iklan bagaimana cara menyaksikan video di situsnya tanpa perlu menghabiskan kota yang besar.

2. Obrolan Video

Anda gemar melakukan obrolan video baik dengan Skype atau dengan Facetime? Atau mungkin Anda juga sering melakukan video call melalui aplikasi BBM, Line atau Whatsapp?

Hati-hati, aktivitas obrolan video atau video call ini ternyata cukup banyak memakan kuota internet Anda.

Obrolan melalui video call umumnya memakan bandwidth sebesar 3 MB permenit. Namun, besarnya kuota ini juga ditentukan oleh jenis aplikasi yang Anda gunakan dan resolusi video yang digunakan.

3. Bermain Game Online

Anda gemar bermain game online? Atau bahkan Anda adalah seorang gamer, walaupun hanya melalui smartphone? Ternyata aktivitas bermain game online ini dapat menguras kuota internet yang cukup banyak. Apalagi ditambah dengan kemunculan iklan di sela-sela game yang Anda mainkan.

Game seperti Two Dots atau Words With Friend tidak banyak memakan kuota internet Anda dengan besaran kira-kira hanya beberapa kb saja permenit.

Namun, game yang berjenis real-time action ternyata mampu memakan kuota internet di smarrtphoe Anda sebesar 1 MB permenit. Jadi, mulai sekarang pertimbangkan lagi jika Anda menyukai jenis game seperti Asphalt 8 atau Modern Combat 5 : Blackout.

4. Streaming Musik

Perubahan besar terjadi saat ini. Dulu, jika seseorang ingin mendengarkan musik, maka ia harus mendownload terlebih dulu, menyimpan, dan baru kemudian bebas dimainkan kapan saja. Namun, saat ini sebagian orang lebih senang mendengarkan musik dengan cara streaming.

Cara ini memang cukup praktis, Anda bisa mendengarkan musik dimanapun dan kapanpun asalkan kuota internet Anda masih ada. Namun, ternyata kegiatan streaming musik ini menjadi salah satu penyebab kuota internet cepat habis.

Dengan memutar musik yang beresolusi 320 Kbps, total kuota internet Anda yang akan tersedot adalah sekitar 2,4 MB per menit. Jika Anda mendengarkan musik selama satu jam saja, maka Anda sudah menghabiskan kuota 115 MB.

Cara Mengatasi Kuota Internet yang Cepat Habis/Boros

Untuk mengatasi kuota internet yang cepat habis, maka Anda memerlukan beberapa trik khusus. Anda bisa menghemat kuota di smartphone Android melalui Google Chrome, Opera, atau melalui pengaturan di smartphone Android Anda.

1. Google Chrome

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan mesin perambah Google Chrome di smartphone Android Anda, Anda bisa menghemat kuota internet dengan cara berikut:

Buka Chrome  pilih menu “settings”  pilih “Bandwidth management”  pilih “Reduce data usage”  pilih “On” untuk mengaktifkan.

2. Opera dan Opera Mini

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan Opera, maka berikut caranya:

Klik logo Opera  pilih aktifkan “Off-Road Mode”

Jika Anda menggunakan Opera Mini, sebenarnya aplikasi ini memang khusu dirancang untuk ponsel dengan aliran data yang lebih ringan, namun untuk lebih mengkompresi data, Anda bisa melakukan kompresi gambar dengan cara:

Pilih “Pengaturan” pilih aktifkan gambar hidup atau mati, dan juga pilih kualitas gambar rendah, sedang, atau tinggi.

3. Setting Smartphone

Jika Anda tidak sedang memerlukan jaringan internet, maka Anda bisa mematikannya untuk sementara waktu melalui menu settings, atau biasanya juga tersedia jika Anda men-swipe layar bagian atas Anda ke arah bawah. Anda juga bisa mengatur batas penggunaan data dengan cara:

Pilih menu “Settings”  pilih “Data Seluler”  pilih “Penggunaan Data”  Pilih “Atur Batas Data Seluler”  tetapkan batas data dengan menggeser garis berwarna merah di grafik data yang ada.

Cara-cara di atas cukup mudah dipraktekkan dan terbukti mampu menghemat kuota data Anda. Selamat mencoba.

Kuota Internet Cepat Habis

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.