Lambang Komponen Elektronika Xtal (Kristal)

Diposting pada

Lambang Komponen Elektronika Xtal (Kristal) Dan Pengertiannya

Lambang komponen elektronika pada Komponen Xtal (kristal) yang pengertiannya adalah sebuah komponen elektronika yang digunakan sebagai pembangkit frekuensi tinggi. Komponen ini memiliki kestabilan yang lebih jika di bandingkan dengan sebuah komponen inductor. Selain itu, komponen Xtal sangat mudah untuk di gunakan jika di bandingkan dengan inductor. Xtal memiliki bentuk dan tampilan yang pipih dan memiliki dua buah kaki. Seperti yang telah  kita ketahui Bersama bahwa terdapat banyak komponen elektronika yang ada pada saat ini, mulai dari resistor, kapasitor, transistor dan masih banyak lagi  komponen elektronika yang lain nya.

Baca Juga :  Mencegah Panas Berlebih Pada Transistor Power Amplifier

Mungkin, beberapa dari anda sudah tidak asing lagi dengan lambang komponen elektronika Xtal. Seperti yang kita ketahui, bahwa kristal atau xtal adalah sebuah komponen yang memiliki fungsi sebagai resonator. Komponen ini berfungsi untuk membangkitkan frekuensi dengan bilangan yang stabil atau tetap. Pada umumnya, xtal digunakan pada rangkaian-rangkaian elektronika seperti radio pemancar, tranciver, walky talky , radio citizen band, dan lain-lain. fungsi xtal sebagai pembangkit frekuensi yang stabil.

Pasti anda bertanya bagaimana cara untuk membaca xtal. Cara membaca xtal atau ktistal sangatlah mudah yaitu dengan melihat angka-angka yang ada pada bodi komponen. Kita sering menemukan xtal di pasaran dengan memiliki frekuensi sekitar 27,125 MHz. apakah anda masih penasaran dengan bentuk dan symbol yang di miliki oleh xtal? Jika masih penasaran, anda dapat melihat pada gambar di bawah ini.

Baca Juga :  Mengenal Jenis dan Fungsi IC (Integrated Circuit)

lambang komponen elektronika xtal

Lambang Komponen Elektronika Xtal (Kristal) Dan Bentuk Yang Dimiliki

Seperti yang saya sebutkan diatas. Hal in memang berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan pengertiannya, berikut ini adalah bahasan tentang lambing Xtal atau Kristal. Kristal atau xtal hanya dapat digunakan sebagai pembangkit frekuensi tertentu dan biasanya telah tercantum dalam bodi kristal yang berbeda dan dengan inductor variable yang dapat digunakan untuk membangkitkan frekuensi secara variable.

Baca Juga :  Cara Kerja Diac Dalam Rangkaian AC Switch

Sekian ulasan saya tentang kristal atau xtal ini akan memberikan manfaat untuk anda. Dan tak lupa, terutama bagi pada teknisi elektronika pemula yang belum mengenal lambang komponen elektronika ini.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.