Langkah-langkah pembuatan PCB secara manual

Diposting pada

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan PCB secara manual

1. Siapkan skema rangkaian yang akan kita buat. Ubah skema rangkaian tersebut menjadi bentuk tata letak dan tata jalur pada kertas.
2. Siapkan PCB polos. Bersihkan lapisan tembaga yang menempel pada PCB dengan menggunakan amplas halus( kertas gosok) dan air. Sehingga permukaan PCB akan terlihat bersih.
Langkah-langkah pembuatan PCB secara manual3. Gambar tata jalur pada bagian sisi tembaga di PCB dengan menggunakan spidol permanen ataupun rugos. Lebar jalur yang digunakan adalah 0,8 s/d 1mm. Jika menggunakan rugos , pilih pola jalur yang lurus dan tipis serta pola lobang. Gunakan cutter untuk memotong jalur-jalur tersebut.
4. Pastikan stiap jalur telah dibuat sudah sesuai dengan yang telah digambar skema rangkaian. Perhatikan jalur yang tersambung dan jalur yang tidak tersambung.
5. Potong PCB sesuai dengan ukuran tata jalur yang telah di gambar. Agar proses etching (peleburan tembaga dengan larutan FeCl3) tidak memerlukan waktu lama.
6. Larutkan tembaga pada PCB dengan menggunakan larutan FeCl3. Dengan wadah plastik dan air panas.
Pada umumnya, air panas dan air dingin dapat digunakan dalam proses etching, tetapi air panas dapat melarutkan tembaga lebih cepat daripada air dingin.
7. Masukkan FeCl3 secukupnya pada wadah plastik yang telah terisi dengan air panas, kemudian masukkan PCB ke larutan tersebut.
8. Goyangkan wadah plastik secara perlahan untuk mempercepat proses pelarutan tembaga pada PCB. Umumnya proses etching tidak memerlukan waktu lama. Jika tembaga pada PCB yang tidak terkena tinta telah luntur, maka proses etching telah selesai.
9. Setelah proses etching selesai, keluarkan PCB dari larutan dan bilas dengan air.
Gunakan kertas gosok untuk membersihkan tinta-tinta yang menempel pada PCB hingga jalur-jalur tembaga pada PCB terlihat. Lalu keringkan PCB.
10. Siapkan bor listrik dengan mata bor diameter 0,8 s/d 1mm. Lalu lobangi jalur yang membentuk pola lobang( lingkaran).
11. Setelah pengeboran selesai bersihkan PCB dengan kertas gosok kembali dan bilas dengan air
Selesai
Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

One thought on “Langkah-langkah pembuatan PCB secara manual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.