Cara Ampuh Mengatasi Laptop Error Saat Booting

Laptop Error Saat Booting – Booting adalah proses menghidupkan komputer, laptop ataupun notebook. Dalam proses booting biasanya akan muncul tampilan logo dari operating system yang dipakai.

Urutan dari booting biasanya adalah logo dari bios, disusul dengan diagnosa hardware oleh system komputer kemudian baru masuk pada systemnya.

Pada saat booting, komputer akan memeriksa perangkat yang terpasang padanya. Ada beberapa tanda yang muncul baik tampil pada layar. Maupun bunyi beep yang dihasilkan speaker.

Laptop Error Saat Booting

Laptop Error Saat Booting

Untuk error yang tampil di komputer, pasti sudah jelas apa permasalahannya. Kamu tinggal baca saja error yang terjadi. Setelah itu cari solusi sesuai dengan pesan error tersebut.

Ketika laptop error saat booting biasanya terdapat bunyi beep yang memiliki makna masing-masing. Kode ini tergantung dari BIOS komputer.

Untuk mengetahui makna masing-masing beep, Kamu bisa membuka manual yang disertakan pada saat pembelian komputer seperti contoh; Bunyi beep panjang secara terus menerus. pada award bios, bunyi ini menandakan adanya masalah pada RAM.

Baca Juga :  Hati-Hati Banyak Powerbank Palsu, Baca Tips Ini Sebelum Membeli

Kita bisa tinggal cek memorinya. Misalnya pada boot muncul pesan “Keyboard Error”. Maka dipastikan masalah pada keyboard. Coba cek kabel colokan keyboard, atau ganti dengan keyboard lain.

Contoh lain; Bunyi beep karena masalah RAM, coba cabut RAM dari slotnya. Kemudian, pasang pada slot lain. Untuk detail masing-masing solusi akan kita bahas pada bagian setiap hardware.

Sedangkan kenapa kok laptop error saat booting biasanya terdapat masalah-masalah pada komputer atau laptop itu sendiri seperti banyak aplikasi yang sedang kita gunakan di start up sehingga membuat komputer atau laptop menjadi lambat.

Sedangkan cara untuk mengatasi agar laptop tidak lambat yaitu tekan win logo+R ketikkan regedit kemudian tekan tombol enter.

Baca Juga :  Mengenal BIOS , Fungsi , dan Jenis-Jenisnya

Kemudian Anda dapat melakukan langkah untuk masuk di link ini yaitu

HKLU>>microsoft>>windows>currentversion>>run.

Setelah itu, selanjutnya hapus start up yang memang diaras tidak perlu misal saja Recycle Bin, winamp dan lain sebagainya.

Jangan diclose terlebih dahulu. Tetapi masuk di

HKLM>>microsoft>>windows>>currentversion>>run.

Itulah cara permanant untuk menghapus entry yang ada di menu start up di msconfig. Jika memang suatu waktu ingin mengaktifkan kebali sebaiknya back up terlebih dahulu registry nya agar tidak menyesal di kemudian hari.

Tentunya Anda tidak ingin kan laptop error saat booting. oleh sebap itu Anda harus jeli dalam memeriksa gejala-gejala atau kerusakan apa saja yang terdapat dalam laptop atau komputer Anda.

Maka dengan hal itu laptop atau komputer Anda tidak mudah error pada saat booting. Sekian artikel dari kami tentang laptop error pada saat booting. Jika ada kurang lebihnya mohon maaf.

Baca Juga :  Bikin Drone Sendiri lebih keren Yah! Ini Dia Cara membuat drone sederhana

Semoga bermanfaat bagi para Pembaca dan bagi yang membutuhkan informasi tentang tema ini.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *