LCD Projektor / Proyektor Belajar Lebih Menarik

Diposting pada

LCD Projektor / Proyektor – Cara Menyiasati Pembelajaran Lebih Menarik

Media pembelajaran sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil dari pembelajaran tersebut. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menentukan media yang tepat agar peserta didik lebih antusias dan tidak mengalami kejenuhan. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang tepat juga berhubungan dengan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Pada kesempatan ini, kami akan berbagi informasi mengenai pembelajaran dengan menggunakan media LCD Projektor.

Pembelajaran dengan LCD projektor ini memang sudah banyak diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia, terutama yang berada di area perkotaan. Berikut silahkan disimak selengkapnya mengenai penggunaan LCD Projektor ini untuk media pembelajaran berikut manfaatnya.

LCD projektor
LCD projektor

Apa itu LCD Projektor ?

LCD merupakan layar yang digunakan untuk media penampilan gambar dari projektor. Projektor dapat dihubungkan dengan laptop atau komputer yang berisikan materi pembelajaran. Alat ini seringkali dimanfaatkan saat kegiatan presentasi. Dan seiring perkembangan aman, LCD projektor sudah dimanfaatkan di bidang pendidikan sebagai media dalam pembelajaran.

Manfaat Penggunaan LCD Projektor untuk Proses Pembelajaran

1. Penyampaian Materi Lebih Mudah Diterima

Penyampaian materi melalui LCD projektor terbukti dapat mengurangi tingkat kejenuhan siswa dalam menerima materi pembelajaran. Karena guru bisa menyampaikan poin-poin  pembelajaran dengan bentuk konsep, tanpa harus menggunakan bentuk narasi yang terlalu panjang.

2. Materi Terlihat Menarik

Penyampaian materi menggunakan projektor bisa dikreasikan dengan menggunakan Power Point. Di sana Anda dapat memilih tampilan-tampilan yang menarik sehingga peserta didik akan lebih tertarik saat menjalani pembelajaran.

3. Mengikuti Kemajuan Pendidikan

Penggunaan media pembelajaran yang lebih modern terbukti dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Sehingga dengan menggunakan LCD projektor, maka secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kualitas dari pendidikan Indonesia.

4. Menghemat Waktu

Pembelajaran dengan menggunakan projektor dapat dilaksanakan dengan waktu yang lebih singkat dari pada mengajar tanpa menggunakan media apa pun. Menyampaikan materi melalui projektor bisa dilaksanakan dengan mencantumkan poin-poin materi saja.

5. Mengenalkan Teknologi pada Peserta Didik

Dengan mengenal teknologi baru pada peserta didik, maka dapat meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuannya di era globalisasi.

6. Membuat Suasana Kelas Lebih Hidup

Pembelajaran yang lebih menyenangkan dan mudah diterima oleh siswa, dapat membuat suasana kelas lebih hidup dan siswa lebih antusias saat menjalani proses pembelajaran.

7. Dapat Dimanfaatkan oleh Semua Siswa

Siswa dapat memanfaatkan projektor dan LCD saat proses pembelajaran menggunakan teknik diskusi. Dengan melibatkan siswa untuk menggunakan media pembelajaran, maka siswa dapat lebih bersemangat dan minat belajar lebih meningkat.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Loading...
loading...
Baca Juga :  Beberapa teknologi masa depan yang akan merubah dunia
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.