Listrik Sebagai Kebutuhan Hisup, Dampak dan Tips EfisiensiAbi Blog

Dampak Positif Dan Negatif Listrik Serta Tips Efisiensi Sederhana

Sumber Tenaga Listrik

Hampir semua orang tentu menggunakan sumber tenaga listrik di dalam rumahnya, karena listrik sebagai kebutuhan sehari – hari. Hal ini tidak mengherankan karena setiap aktivitas yang kita lakukan nyaris selalu berhubungan dengan sumber energi yang satu ini.

Listrik merupakan kondisi dari partikel subtonik seperti halnya elektron dan proton yang memiliki begitu banyak fungsi bagi kehidupan sehari-hari. Hal yang perlu diingat dalam menggunakan listrik adalah berhati-hati dan sesuai dengan  petunjuk penggunaan yang benar. Karena kalau tidak, listrik dapat memicu timbulnya bahaya atau bahkan dapat menghilangkan nyawa.

Listrik Sebagai Kebutuhan Sehari - hari

Listrik Sebagai Kebutuhan Sehari – hari

1. Dampak Positif Listrik Bagi Kehidupan Sehari – hari

Listrik dalam kehidupan sehari-hari memiliki begitu banyak manfaat seperti yang di bawah ini.

a. Listrik Sebagai Sumber Penerangan Sehari – hari

Saat malam hari, maka penerangan dari matahari tidak lagi kita dapatkan. Alhasil kita membutuhkan energi lain untuk membuat malam kita lebih terang.

Disinilah listrik berperan. Listrik dapat digunakan untuk membuat ruangan kita menjadi lebih terang sehingga aktivitas yang dikerjakan di malam hari pun menjadi lebih baik.

b. Listrik Sebagai Sumber Energi

Listrik juga menjadi salah satu sumber energi dalam kehidupan. Listrik disebut sebagai sumber energi karena dianggap sebagai penghasil energi. Listrik sebagai penghasil energi adalah untuk menyalakan beragam peralatan rumah tangga serta jenis alat elektronik lainnya.

c. Listrik Sebagai Sarana Hiburan

Sarana hiburan, dapat ditemukan dalam banyak peralatan seperti halnya smartphone, game elektronik ataupun playstation. Benda-benda tersebut membutuhkan listrik untuk menghidupkannya.

d. Listrik Sebagai Penghasil Panas

Listrik dapat digunakan sebagai penghasil panas mengingat arus listrik mengalir disertai dengan nikel serta elemen-elemen pemanas. Listrik yang diubah menjadi panas bisa kita temukan dalam alat rumah tangga berupa setrika.

e. Listrik Sebagai Penghasil Gerak

Dalam kehidupan sehari-hari, listrik juga bisa dijadikan sebagai penghasil gerak. Sebagai contoh, yaitu motor, mobil, kipas angin dan lain-lain.

2. Dampak Negatif Listrik Bagi Kehidupan Sehari – hari

Selain memberi dampak positif, listrik juga menimbulkan dampak negatif terlebih jika tidak digunakan dengan benar. Pernahkah anda mengalami tersetrum? Tersetrum adalah kejutan ringan yang cukup membuat kaget akibat munculnya getaran kecil.

Tersetrum banyak dialami oleh seseorang yang tengah membetulkan antena televisi, menyentuh kabel menggunakan tangan telanjang atau saat mencabut stop kontak. Tersetrum memang tidak memiliki dampak yang fatal. Namun jika tegangan yang dihasilkan cukup besar, maka nyawalah taruhannya.

Hingga saat ini telah tercatat begitu banyak orang yang meninggal akibat tersengat listrik. Bahkan di negara Amerika yang merupakan negara dengan standard keselamatan paling tinggi sekalipun, masih memiliki cukup banyak kematian akibat sengatan listrik.

Dari banyaknya kasus kematian yang ada, penyebab kematian yang paling tinggi adalah karena penggunaan bor listrik, AC, kipas angin, kulkas, dan beragam jenis peralatan yang lain.

Cara Menghemat Sumber Energi Listrik

Listrik merupakan energi yang begitu penting dan dibutuhkan sehari-hari. Inilah kenapa banyak orang yang kelabakan membayar biaya listrik bulanan. Untuk menghemat biaya pengeluaran listrik, sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak cara seperti berikut ini.

1. Jangan Menyalakan Listrik di Siang Hari

Di siang hari, kita mendapatkan cukup sinar penerangan yang berasal dari matahari. Inilah kenapa sebaiknya kita tidak menyalakan penerangan di siang hari karena hanya akan memicu terjadinya pemborosan saja.

2. Tahu Saatnya Menyalakan Listrik

Dalam upaya penghematan listrik, kita harus tahu kapan saat yang tepat untuk menyalakan listrik. Jangan sampai listrik terbuang sia-sia hanya karena kita yang teledor dengan menyalakan listrik secara sembarangan.

3. Cukup Gunakan 1 Televisi Saja

Menggunakan satu televisi saja dalam sebuah rumah merupakan salah satu cara praktis untuk menekan biaya listrik rumahan. Meski demikian, hingga kini masih ada juga orang yang menggunakan 2 bahkan 3 televisi sekaligus dalam satu rumah.

Hal ini dilakukan untuk menuruti keinginan dari tiap anggota keluarga yang menyukai acara televisi yang berbeda-beda. Meski anda adalah orang yang berada dalam ekonomi atas, sebaiknya pikirkan pula dampaknya bagi orang lain.

Anggaran pemerintah untuk listrik, saat ini terus mengalami pembengkakan. Tidak heran jika pemerintah akhirnya menerapkan pemadaman listrik secara bergilir. Dampaknya adalah timbul kekacauan bagi sebagian orang dalam menjalankan aktivitas harian mereka.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *