Macam Jenis Anemometer

Diposting pada

Anemometer adalah alat yang berfungsi untuk mengukur kekuatan dan kecepatan angin. Peralatan navigasi ini ada sejak tahun 1450. Banyak macam jenis anemometer yang dijual dipasaran, tentunya masing-masing memeliki karakteristik, kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Beberapa perangkat nengukur hanya sekedar  kecepatan angin saja, namun beberapa juga mampu berfungsi lebih.

Macam Jenis Anemometer

Anemometer Cup / Cangkir

Macam Jenis Anemometer Cup
Anemometer Cup

Anemometer Cup atau juga disebut anemometer putar adalah jenis anemometer tertua yang pernah ada,. Cup / cangkir ditempatkan pada sumbu vertical, pada saat angin meniupnya akan menyebabkan cangkir tersebut berputar. Semakin cepat cup berputar, berarti semakin kencang kecepatan angin yang mengenainya.

Anemometer cup biasanya memiliki pembacaan digital, banyak lembaga pendidikan dan meteorology di seluruh dunia menggunakan anemometer jenis ini untuk penelitian dan komersial.

Anemometer Hot Wire / Kawat Panas

Macam Jenis Anemometer Hot Wire
Anemometer Hot Wire

Hot wire artinya kawat panas, jadi bisa disebut sebagai anemometer kawat panas. Jenis anemometer ini mengukur aliran panas untuk mendeteksi kecepatan angin. Anemometer ditempatkan pada lokasi dan saat angin bergerak meniupnya maka akan terjadi proses pendinginan pada kawat tersebut.

Ada hubungan langsung antara laju aliran angin dan seberapa dingin kawat tersebut. Jenis anemometer ini mudah didapatkan pada perangkat pemanas, ventilasi, dan pendingin udara.

Anemometer Windmill / Kincir Angin

Macam Jenis Anemometer Windmill
Anemometer Windmill

Anemometer ini memiliki baling-baling yang terletak pada bagian depan perangkat dan bagian ekor untuk mengukur kecepatan dan arah angin. Pada waktu angin bertiup, maka akan menggerakkan baling-baling dan membuatnya berputar. Kecepatan putaran baling-baling menunjukkan berapa cepat angin bergerak.

Anemometer Pressure Tube / Tabung Bertekanan

Macam Jenis Anemometer Pressure Tube
Anemometer Pressure Tube

Perangkat ini banyak ditemukan di bandara, bentuknya seperti kaus kaki yang melambai-lambai. Bahan utamanya terbuat dari tabung dan terhubung melalui kawat. Saat angin bertiup, maka akan tertangkap ujung tabung yang besar.

Anemometer ini menunjukkan arah angin dengan indikasi bahwa ujung kaus kaki yang lebih lebar akan menunjuk dari arah angin dating. Tabung tekanan tidak member nilai bacaan, namun pengukuran ini relative lebih terhadap kecepatan angin.

Anemometer Ultrasonik

Macam Jenis Anemometer Ultrasonik
Anemometer Ultrasonik

Macam jenis anemometer ini mengirim sinyal ultrasonic melewati jalur ke sensor di sisi berlawanan. Pada saat angin bergerak lebih cepat, maka sinyal akan terganggu. Pengukuran gangguan ini akan memberikan data angin yang akurat.

Anemometer ultrasonic tidak memiliki bagian yang bergerak dan bahkan dapat mendeteksi perubahan kecil angin. Memiliki empat sensor yang disusun pada pola persegi. Beberapa unit dilengkapi dengan pemanas tertanam.

Anemometer Laser Doppler

Macam Jenis Anemometer Laser Doppler
Anemometer Laser Doppler

Macam Jenis Anemometer Laser Doppler memanfaatkan efek Doppler untuk menentukan aliran udara. Banyak digunakana pada aplikasi teknologi tinggi seperti mesin jet.

Laser Doppler dapat mengukur perubahan kecil apapun pada aliran udara. Macam jenis anemometer ini juga digunakan pada hidrologi sungai.

Loading...
loading...
Baca Juga :  Bagian, Modul Ekspansi dan perbandingan CPU  PLC Simatic S7-200
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.