Macam Jenis Fungsi IC Integrated CircuitAbi Blog

Mengenal Jenis dan Fungsi IC (Integrated Circuit)

Macam jenis fungsi IC beserta penjelasannya

Dalam artikel ini kita akan membahas macam jenis fungsi IC (Integrated Circuit) agar kita lebih dalam mengenal secara mendasar tentang IC.

Di dalam struktur rangkaian seluruh barang-barang elektronik Anda, pasti terdapat komponen satu ini. Integrated Circuit atau yang biasa disebut IC merupakan komponen elektronika Aktif, yang merupakan gabungan dari ratusan atau bahkan jutaan Resistor, Transistor, dan berbagai komponen lain yang terintegrasi pada suatu kemasan kecil.

IC memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari yang seperti sisir sampai berbentuk seperti kelabang tidur. Fungsinya pun juga bervariasi,diantaranya sebagai Saklar, Penguat tegangan, memory dan lain sebagainya.

Untuk itu pada bahasan kali ini, kami akan menjelaskan sedikit tentang macam dan jenis IC yang perlu Anda ketahui sebagai dasar dalam belajar elektronika.

Macam jenis fungsi IC
Macam jenis fungsi IC

Berikut Ini Macam – Macam Jenis Fungsi IC :

1. IC Jenis Monolitik

IC jenis ini hanya mengatur atau menjalankan satu blok rangkaian saja, sehingga IC ini tidak tergabung atau terpengaruh oleh rangkaian IC yang lain. IC yang berdiri sendiri ini biasanya digunakan pada TV atau Radio.

2. IC Jenis Hybrid

Dari namanya mungkin Anda bisa dengan mudah menebak, bahwa IC jenis ini merupakan gabungan dari beberapa IC dalam suatu PCB atau papan rangkaian. IC jenis Hybrid ini sering kita jumpai pada komputer.

3.IC Berbentuk Sisir

IC ini disebut juga IC SINGLE INLINE karena bentuknya yang menyerupai sisir dengan kaki-kaki yang hanya ada di satu sisi saja.

4. IC Berbentuk Segi Empat

IC ini disebut juga IC DUAL LINE karena bentuknya segiempat dengan kaki-kaki pada kedua sisi dan kaki tersebut berada di keempat sisinya. IC dengan bentuk seperti ini biasanya digunakan untuk CPU komputer.

5. IC Berbentuk Bulat

IC yang membentuk lingkaran ini disebut juga DUAL IN LINE, karena pada kaki-kakinya terdapat nomor urut yang sesuai dengan arah jarum jam dan membentuk lingkaran.

Kaki pertama diberi tanda titik atau tarikan, masing-masih IC ditandai oleh nomor type. Nomor ini akan menunjukkan jenis IC, seperti IC HD 7400 dengan IC SN 7400 dan lain sebagainya.

IC dikelompokan menjadi dua  yakni, pertama IC Linear yang terdiri dari IC Regulator, IC Operational Amplifier, dan IC Audio Amplifier. Kedua IC Digital yang terdiri dari NAND, NOR, OR, AND EXOR, BCD, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa pengertian, macam jenis IC, bentuk, dan kelompok-kelompok IC. Penggunaan IC sejatinya lebih efektif dan praktis daripada penggunaan resistor, selain itu harga IC relatif terjangkau.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *