Jenis Koneksi Internet, Dial-Up, ISDN, DSL, Kabel TV, Satelit, FO, SelularAbi Blog

Macam-Macam Jenis Koneksi Internet

Perkembangan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi

Ada beberapa jenis koneksi internet yang berbeda-beda. Jenis koneksi yang dimaksud disini adalah jalur yang digunakan. Bukan perbedaan providernya. Saya rasa anda juga menyadari, seiring waktu, koneksi internet yang kita gunakan bertambah cepat. Sebenarnya ada apa?

Ternyata internetpun dapat berevolusi. Seiring perkembangan jaman, teknologi berkembang, begitu juga dengan teknologi telekomunikasi dan teknologi informasi. Perkembangan teknologi ini membawa kemudahan-kemudahan bagi kehidupan manusia.

Baca Juga :  Berbagai Metode Pengolahan Limbah Dan Peranan Bioteknologi Dalam Pengelolaannya

Memory card, External Hard Disk Drive, sampai USB Flashdisk bentuknya makin kecil dengan kapasitas yang makin besar. Handphone yang dulu hanya bisa telpon dan SMS, sekarang manfaatnya melebihi imajinasi kita pada waktu itu.

Handphone, atau sekarang lebiih lazim disebut smartphone dapat dimanfaatkan sebagai senter, perpustakaan, TV, video player, pesan tiket, manggil ojek, bikin presentasi, dan masih banyak sekali kalau harus disebutkan satu persatu.

Baca Juga :  Perbedaan Pelindung Layar Tempered Glass dengan Anti Gores Biasa

Ingin telepon gratis ? menggunakan jalur internet? ini solusinya silahkan baca : 4 APLIKASI PANGGILAN TELEPON GRATIS TERBAIK

Jaringan internetpun begitu, jaringan yang dibentuk oleh beberapa jenis jalur internet kini sangat beragam jenisnya. Tapi apakah anda sudah familiar dengan semua jenis koneksi internet ini?

Jenis Koneksi Internet
Jenis Koneksi Internet

Jenis-Jenis Koneksi Internet

Kalau anda belum tahu semuanya, dan ingin mengetahui maka anda sedang membaca artikel yang tepat. Yuk langsung kita bahas apa saja sih jenis-jenis koneksi internet yang sudah ada?

1. Dial-Up (Analog 56Kb) / ISDN (Integrated Service Digital Network)

Kalau anda hidup di tahun 90an, mungkin anda pernah menggunakan koneksi internet jenis ini. Koneksi dengan dial-up itu lelet, tapi memang murah. Modem yang anda miliki akan terkoneksi ke internet setelah komputer anda memutar sebuah nomer telepon.

Bunyinya cukup khas ketika komputer menghubungi sebuah nomer, “tatitutitatitut..” Sinyal analog kemudian akan dikonversi menjadi digital pada modem, yang setelah itu dikirim melalui jaringan telepon publik.

Kecepatan pada koneksi ini tidak stabil, dan lebih sering leletnya. Gangguan pada koneksi ini juga cukup besar, dan ini akan mempengaruhi kecepatan internet anda. Kecepatannya berkisar antara 28-56K, duh lelet banget. Ketika anda menggunakan internet dengan koneksi ini, anda tidak dapat menggunakan telpon rumah anda.

2. DSL (Digital Subsriber Line)

Sedikit berbeda dengan koneksi dial-up, DSL menggunakan 2 jalur sehingga jaringan telepon anda tidak akan terganggu dan tetap bisa dipakai. DSL kelebihannya adalah selalu terkoneksi, berarti komputer anda tidak perlu lagi memutar sebuah nomer untuk terkoneksi ke internet.

Ini berarti tidak ada bunyi bunyi berisik seperti pada koneksi dial-up. Kecepatannya juga jauh diatas koneksi dial-up, yaitu berkisar antara 128K Hingga 8Mbps

3. Kabel TV

Anda pasti pernah dengar dong TV kabel? Internet kabel adalah koneksi internet yang menggunakan jalur TV kabel tersebut. Kabel tembaga untuk siaran TV luar seperti HBO, ESPN dan lain-lain.

Koneksi ini jauh lebih cepat dari koneksi DSL, apalagi dial-up. Karena bandwidth yang dapat ditampung lebih besar. Kecepatan yang diberikan mulai dari 512K hingga 2Mbps.

4. Satelit

Jenis Koneksi Internet Komunikasi Satelit
Jenis Koneksi Internet Melalui Komunikasi Satelit

Internet Satelit merupakan salah satu jenis koneksi internet yang cukup berkembang di Indonesia. Koneksi jenis ini menggunakan satelit sebagai jalur komunikasi. Data digital dikonversi menjadi analog dengan menggunakan modem satelit, lalu dikirimkan kepada satelit dengan menggunakan antena VSAT. Antena yang berbentuk parabola.

Kalau anda tertarik, silahkan anda baca artikel tentang internet satelit dan VSAT. Kecepatan yang diberikan mulai dari 512K hingga 2Mbps. Tidak terlalu cepat, dan rentan terhadap cuaca. Namun Jangkauannya sangat luas, sehingga tidak perlu tarik-tarik kabel bila anda berada di tempat terpencil.

5. Fiber Optik

Jenis Koneksi Internet Melalui Fiber Optic
Jenis Koneksi Internet Melalui Fiber Optic

Fiber optik menggunakan helaian serat kaca sebagai medium pemancar gelombang cahaya. Gelombang cahaya sendiri dapat memancar dengan kecepatan 300.000.000 meter per detik. Inilah rajanya koneksi internet sampai pada hari ini.

Kecepatan yang diberikan bisa sampai 1 Gbps, bahkan lebih. Bandwidth fiber optik juga merupakan yang terbesar diantara jenis koneksi yang lain. Kalau anda tertarik silahkan dibaca artikel tentang apa itu fiber optik.

6. Selular

Teknologi selular memberikan akses internet pada telepon genggam. Kecepatannya tergantung dari provider yang digunakan, namun umumnya kecepatan koneksi ini adalah kecepatan 3G dan 4G.

Teknologi 3G dapat memberikan kecepatan hingga 2Mbps. Sedangkan 4G bisa sampai 100Mbps, namun karena masih dalam perkembangan 4G hanya mampu memberikan sebatas 21Mbps saat ini.

Itulah beberapa jenis koneksi internet yang mungkin anda sudah pernah gunakan. Tergantung dari kebutuhan anda, serta dimana anda tinggal, koneksi yang anda perlukan sudah jelas akan berbeda.

Contohnya orang yang hidup di pedalaman, atau di pulau terpencil akan sangat merasakan manfaat internet satelit.

Sedangkan orang yang tinggal di perkotaan dapat menikmati koneksi ngebut fiber optik dan 4G. Yang jelas, rasanya sudah hampir tidak ada orang yang masih menggunakan dial-up karena sangat lelet.

Semoga bermanfaat, salam!

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *