Macam valve, jenis, bagian dan fungsiAbi Blog

Macam dan jenis valve , bagian dan fungsinya

Pengertian Valve

Valve adalah alat yang mengatur dan mengarahkan atau mengontrol aliran liquid / cairan, kegunaan valve adalah mengendalikan sebuah proses cairan, dalam posisi terbuka cairan akan mengalir dari sisi yang bertekanan tinggi menuju sisi lain yang bertekanan rendah. Banyak sekali macam Valve dalam kehidupan sehari – hari maupun dalam dunia industri.

Baca Juga :  Mengenal apa itu Globe Valve (pembahasan dan penjelasan)
Macam Valve
Macam Valve

Valve banyak di temui dalam kehidupan sehari hari, misalnya kran, valve tabung gas, valve mesin cuci, valve bahan bakar kendaraan dan masih banyak lagi.

Secara umum pengoperasian valve adalah secara manual dengan merubah posisi sudut sebuah pegangan / tuas, pedal maupun roda, namun di bidang industri banyak dipakai sistem otomatis dengan pengontrol, ada beberapa cara pengontrolan valve (cara mengontrol valve) misalnya dengan tenaga hydraulik, pneumatik dan elektrik.

Valve memiliki banyak jenis, namun secara umum valve memiliki bagian yang sama yaitu bodi, bonnet (kap), ports, actuator, disc, seat, steam, gaskets, ball valve, spring dan trim.

Macam-macam valve

Macam valve adalah sebagai berikut:

Untuk memahami bagian bagian, fungsi, dan applikasi dari valve – valve tersebut kita mulai pembahasan-nya dari

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Latest posts by Abi Royen (see all)

3 Comments

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *