Malware, Virus, Spyware, Trojan dan Worm Serta KarakteristiknyaAbi Blog

Mengenal Malware, Virus, Spyware, Trojan dan Worm Serta Karakteristiknya

Mengenal Malware ~ Apabila komputer mulai terserang gejala-gejala yang janggal dan membuat produktivitasnya menurun, sebagian orang akan menganggapnya sebagai ulah virus.

Padahal, banyak faktor sebenarnnya yang menyebabkan produktivitas komputer menurun. Mungkin saja karena Hardware yang kotor, motherboard yang sudah tua, hingga hardware yang sudah rusak.

Namun demikian, tidak ada salahnya juga jika kita mencurigai virus sebagai biang dari ketidak normalan atau menurunnya kinerja suatu PC atau komputer, jika setelah kita cek pada bagian lain, terutama hardwarenya tidak ada masalah.

Baca Juga :  Smartphone seri baru dari LG Midrange G4 Stylus dan G4c

Oya, ngomong-ngomong soal virus, kadang masih banyak yang salah pengertian tentangnya. Kebanyakan menganggap, jika semua kerusakan pada suatu sistem itu di karenakan oleh virus.

Padahal tidak. Karena selain virus masih ada malware, spyware, trojan dan worm yang juga berpotensi merusak atau merugikan pengguna komputer.

Nah, untuk menambah wawasan anda, terutama buat anda yang belum tahu mengenai hal ini, berikut akan kami bagikan ulasan yang mendetail untuk mengenal malware, virus, spyware, worm, maupun trojan, serta bagaimana karateristik dan cara kerjanya, dan hal-hal lainnya.

Baca Juga :  Tahukah Anda Apa Perbedaan Antara Format JPG, GIF, dan PNG?

Dengan mengetahui hal ini, di harapkan anda bisa terhindar dari berbagai tindak kejahatan di internet yang berpotensi merugikan.

Malware, Virus, Spyware, Trojan dan Worm Serta Karakteristiknya 1
Malware, Virus, Spyware, Trojan dan Worm Serta Karakteristiknya 1

Mengenal Malware, Virus, Spyware, Trojan dan Worm Serta Karakteristiknya

1. Malware (Malicious Software)

Sejatinya, malware juga merupakan software komputer yang dibuat oleh seseorang. Tetapi fungsinya bukan untuk kebaikan, melainkan untuk tujuan jahat dan merugikan orang lain.

Dikatakan jahat karena sebuah malware mampu merubah, menghapus, menyembunyikan, mencuri, dan menguras sumber daya lain (seperti bandwith, dan kuota) tanpa sepengetahuan dan seijin dari pemeilik komputer.

Dari pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa Virus, Worm, Spyware, beserta kawan-kawannya adalah termasuk Malware.

2. Virus

Virus merupakan salah satu anggota dari Malware. Memiliki sifat menginfeksi komputer yang cara kerjanya membutuhkan bantuan pihak ketiga, karena virus tidak dapat mengaktifkan sistemnya sendiri.

Pihak ketiga yang dimaksud di sini adalah pengguna komputer. Virus dapat terkativasi karena klik dari penggunanya. Umumnya virus disisipkan dengan gambar atau cara lain sehingga pengguna tertarik untuk mengeklik program virus ini.

Malware, Virus, Spyware, Trojan dan Worm Serta Karakteristiknya 2

3. Spyware

Spyware adalah program komputer yang dibuat oleh seorang pengguna atau instansi dengan maksud untuk memata-matai atau mengintai komputer korban.

Malware umumnya digunakan untuk mengintai profil pengguna komputer dimana data yang telah terkumpul nantinya akan digunakan untuk menampilkan iklan.

Iklan yang ditampilkan tersebut sesuai dengan preferensi dari pengguna karena telah disesuaikan dengan data hasil pengintaian tadi.

4. Worm

Worm merupakan malware yang cukup berbahaya. Worm dapat mengaktifkan dirinya sendiri tanpa bantuan pihak ketiga.

Hal ini berarti jika suatu worm sudah berhasil menginfeksi suatu komputer dalam jaringan, maka akan dapat degan cepat menginfeksi komputer lainnya dalam satu jaringan tanpa dapat secara otomatis tanpa adanya tindakan preventif dari pemilik komputer lain pada jaringan tersebut.

Worm hanya dapat menginfeksi sebuah komputer jika telah menemukan celah keamanan (vulnerable security) sebuah software yang terdapat pada komputer sasaran.

Contohnya celah keamanan Microsoft Office, Browser, dan aplikasi lainnya. Worm tidak akan mampu menginfeksi sebuah komputer bila celah keamanannya telah ditutup atau ditambal (patch). Dengan pernyataan tersebut, berarti virus lebih mudah menginfeksi daripada worm.

Malware, Virus, Spyware, Trojan dan Worm Serta Karakteristiknya 3

5. Trojan

Trojan juga merupakan sebuah program yang dibuat layaknya program baik dan bermanfaat bagi si pengguna komputer.

Biasanya berupa (crack, game, keygen, atau program lainnya) yang ketika program tersebut diinstal ke dalam komputer, program tersebut akan mengaktifkan kemampuannya untuk memata-matai, mencuri data, bahkan mengirimkan ketukan keyboard ke alamat yang telah diarahkan pembuatnya tanpa diketahui si pengguna komputer tersebut.

Demikianlah di atas ulasan mengenal Malware, Virus, Spyware, Worm, dan Trojan yang seringkali menyerang komputer yang mempunyai security lemah.

Oleh karena itu, jika tidak ingin menjadi korban kejahatan di internet, selalu amankan komputer anda dengan anti-virus dan anti-malware terpercaya seperti Microsoft Security Essentials (Windows Defender), AVG, Avira, dan produk Anti virus lainnya yang telah mempunyai reputasi bagus.

Pilih salah satu atau dua software security terbaik yang akan anda jadikan pengaman komputer anda.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *