Sejuta Manfaat Internet Dalam Bidang Pendidikan

Manfaat Internet Dalam Bidang Pendidikan ~Internet merupakan sebuah penemuan yang fenomenal sepanjang masa. Dengan adanya internet, kini semua orang dapat mengakses berbagai informasi dan kejadian terbaru yang ada diseluruh dunia.

Berbagai bidang kehidupan semakin maju dan dipermudah dengan adanya internet. Termasuk salah satunya bidang pendidikan. Banyak sekali manfaat internet dalam bidang pendidikan ini, seperti beberapa di antaranya yang kami rangkum berikut ini.

Baca Juga :  Internet Kuantum Akan Tiba, Apa sih Keistimewaannya?
Manfaat Internet Dalam Bidang Pendidikan
Manfaat Internet Dalam Bidang Pendidikan

Manfaat Internet Dalam Bidang Pendidikan

1. Tempat Untuk Mencari Referensi

Internet mempermudah mencari segala informasi dan referensi, juga berbagai hal lainnya yang dibutuhkan untuk proses belajar siswa. Caranya pun sangat mudah, para siswa hanya tinggal mengetik kata kunci tentang sesuatu yang ingin mereka ketahui dan dalam hitungan detik ratusan hingga ribuan literatur yang berkaitan dengan kata kunci tersebut muncul.

Selain itu para siswa juga dapat mencari informasi mengenai berbagai hal lainnya seperti perubahan kurikulum pendidikan, berbagai contoh soal ujian lengkap dengan cara menyelesaikannya untuk berbagai bidang studi.

2. Tersedia Berbagai Infomasi Multimedia

Sebagai penyedia informasi, internet memiliki informasi tentang segala hal yang ada di dunia, jauh lebih banyak dibandingkan dengan buku yang cetakannya terbatas. Dengan internet, para siswa dapat membaca berita maupun berbagai literatur yang mereka butuhkan, hingga menonton video tentang ilmu pengetahuan dalam berbagai hal. Ini membuat proses belajar lebih menyenangkan dan akan lebih mudah diterima oleh siswa.

3. Mempermudah Komunikasi

Internet dapat memudahkan komunikasi sehari-hari, dimana ada berbagai pilihan sarana seperti email, forum, chat room hingga video call. Dengan adanya alat komunikasi tersebut, maka pendidikan jarak jauh dapat dilaksanakan dengan mudah tanpa harus berhadapan langsung.

Pendidikan jarak jauh berarti para guru dan siswa tidak harus secara langsung berada di satu tempat yang sama dan bertatap muka untuk menyelenggarakan pendidikan. Ditambah lagi kedua pihak dapat mengakses internet selama 24 jam, dimanapun mereka berada.

Hal ini sudah dilakukan oleh berbagai pengajar pada berbagai bidang yang menyediakan fitur ruang konsultasi pada website-website pribadi mereka, maupun ruang konsultasi yang ada pada website-website resmi dari suatu lembaga pendidikan, dimana para siswa maupun seseorang yang ingin belajar dapat bertanya tentang berbagai masalah.

4. Memberikan Sumber Informasi Yang Murah

Tidak jarang para siswa maupun para guru membutuhkan informasi yang lebih untuk suatu topik pembelajaran tertentu. Akan tetapi terkadang sumber informasi seperti buku dan catatan lain, tidak mudah didapat. Dan jikapun ada, biasanya harganya sangat mahal.

Nah dengan adanya internet masalah biaya mahal tersebut bisa di atasi. Cukup siapkan koneksi dan komputer maka ratusan bahkan hingga jutaan informasi yang hampir setara dengan yang diberikan oleh buku maupun catatan-catatan umum tersedia di hadapan anda.

5. Membantu Pemahaman Siswa

Ketika guru mengajar di depan kelas, terkadang siswa tidak paham tentang penjelasan tersebut. Namun dengan internet, para guru dapat menunjukkan berbagai bahan pendukung penjelasan seperti contoh gambar, video, hingga animasi. Sehingga para siswa mendapatkan gambaran yang jelas tentang topik yang sedang dijelaskan oleh guru.

6. Mendorong Penguasaan Bahasa Asing

Banyak sekali informasi yang menarik dan penting dalam internet, namun informasi tersebut berbahasa asing, seperti contohnya bahasa Inggris. Dengan ini maka siswa akan termotivasi untuk mempelajari maupun mencari tahu tentang bahwa asing tersebut agar dapat mengetahui informasi yang terdapat di dalamnya. Dengan sendirinya mereka akan belajar untuk memahami bahasa asing tersebut.

7. Sarana Mencari Beasiswa

Dengan internet para siswa dapat mencari informasi mengenai beasiswa di tempat yang mereka inginkan, baik itu beasiswa di dalam maupun di luar negeri. Setiap tahun pemerintah mengeluarkan berbagai beasiswa untuk jangka waktu tahunan maupun per semester. Selain itu juga banyak pihak-pihak swasta yang menawarkan hal serupa.

Dengan internet maka para siswa akan dengan mudah mendapatkan penawaran beasiswa yang dapat membantu mereka untuk mendapatkan pendidikan dengan mudah.

8. Menciptakan Metode Pengajaran Yang Menarik

Kebanyakan para siswa mengalami kesulitan dengan metode pengajaran konvensional. Namun dengan adanya Internet, maka proses belajar mengajar dapat menjadi lebih menyenangkan. Para guru juga dapat lebih kreatif untuk memberikan pengajaran seperti menggunakan permainan, membuat kuis dalam website, atau juga membuat puzzle yang harus dipecahkan para siswa.

Metode pembelajaran yang lebih menyenangkan akan membantu siswa lebih cepat menyerap ilmu tersebut. Dan metode ini telah banyak diterapkan terutama untuk murid TK dan SD.

9. Mendorong Kemandirian Siswa

Dengan fasilitas internet, maka para siswa dapat bebas mencari informasi dan pemahaman untuk berbagai bidang pengajaran dengan mandiri. Mereka tidak harus mencari guru maupun menunggu penjelasan dari para guru untuk dapat memahami suatu topik lebih dalam lagi. Sehingga proses belajar akan lebih efektif dan cepat dengan para siswa yang dapat mandiri mencari bahan informasi sendiri.

Banyak sekali Manfaat Internet Dalam Bidang Pendidikan. Dengan adanya internet maka kita dapat memiliki pengetahuan yang tidak terbatas serta mempermudah komunikasi dengan berbagai orang di belahan dunia manapun.

Untuk sarana komunikasi tentunya sangat kita rasakan manfaatnya, apalagi beberapa layanan telepon berbasis internet sudah semakin banyak digunakan. Banyak pilihan aplikasinya, lebih jelasnya baca artikel ini: 4 APLIKASI PANGGILAN TELEPON GRATIS TERBAIK.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *