Mechanical Seal, Pengertian dan Bagian PenyusunnyaAbi Blog

Pengertian Dari Mechanical Seal Dan Bagian-Bagian Penyusunnya

Mechanical Seal

Pengertian dari mechanical seal dan bagian-bagian penyusunnya – Mechanical seal merupakan salah satu komponen dalam pompa. Komponen ini adalah salah satu seal yang dipakai pada pompa kelas industri, mixer, agiator, dan semua mesin-mesin yang berputar.

Bagian Penyusun Mechanical Seal

Terdapat beberapa komponen di dalam mechanical seal ini. Untuk mempermudah pemahaman mari kita lihat dulu definisi dari tiap komponen.

1. Seal

Merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghalang masuknya cairan, baik itu pelumas maupun fluida. Seal banyak di temui pada mesin seperti paling mudah adalah mesin mobil dan motor.

Tentu saja bagi Anda pemilik motor atau mobil yang pernah bermasalah pasti mengetahui karet seal yang digunakan pada mesin kendaraan Anda.

2. Shaft

Bagian poros pada sebuah alat dan merupakan bagian utama dari sebuah mesin yang berputar.

Mechanical Seal
Mechanical Seal

3. Shaft Sleeve

Adalah sebuah bushing atau adapter memiliki bentuk selongsong. Bushing ini terpasang pada shaft karena untuk melindungi shaf akibat pengencangan baut mechanical seal.

4. O-ring

Pada awal pembuatannya, o-ring memiliki bentuk bundar yang memiliki fungsi sebagai seal. Namun karena perkembangan teknologi o-ring berganti fungsi menjadi alat pengeblok cairan sekunder yang mempunyai berbagai tipe berdasarkan materialnya.

5. Sealface

Sealface disebut juga dengan contact face. Merupakan bagian yang terpenting dalam mechanical seal. Sealface merupakan titik pengeblok cairan utama. Komponen ini terbuat dari bahan carbon atau silicoe carbide atau keramik atau ni-resist atau tungsten carbide dengan serangkaian teknik pencampuran.

Pada permukaan yang saling bertemu, dibuat dengan sangat halus dengan tingkat kerataan mencapai 1 hingga 2 lightband.

Sealfaces memiliki arti dua sealface yang bergerak hanyalah satu saja dan melekat pada dinding pompa dan yang satunya berputar melekat pada shaft. Biasanya bahan yang berputar terbuat dari bahan yang lebih lunak. Berupa kombinasi carbon dan silicone carbide atau carbon dengan ceramic. Bisa juga dengan kombinasi yang lain seperti silicone carbide dengan tungsten carbide atau carbon.

Bagian-bagian Mechanical Seal
Bagian-bagian Mechanical Seal

Mekanisme Mechanical Seal

Setelah mengetahui komponen yang menyusun mechanical seal. Kita bisa sedikit menarik kesimpulan bahwa mechanical seal merupakan suatu sealing device dari kombinasi yang menyatu antara sealface yang melekat pada shaft yang berputar dan sealface yang melekat pada dinding statis dan diam.

Sealface yang bergerak disebut juga rotary face atau primary ring, dan yang diam disebut sebagai stayionary face atau mating ring atau seat. Duah buat sealface tersebut tentu saja bisa aus suatu saat nanti. Inti dari melakukan pengeblokan terhadap cairan dilakukan oleh sealfaces yang memiliki permukaan halus dan rata. Kebocoran dapat diminimalkan dengan gesekan gerak berputar antara keduanya.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa material sealface yang saling diam dan bergerak adalah berbeda. Perbedaan ini memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya adhesi antara dua sealfaces tersebut.

Ada istilah wear-nose yang merujuk pada ujung yang lebih kecil dari sealface yang lebih lunak. Ujung ini biasanya habis atau aus karena gesekan.

Terdapat empat titik sealing atau pengeblokan. Empat titik ini merupakan jalur kebocoran jika titik pengeblokan gagal. Titik pertama adalah pada contact face, jalur kedua adalah pada o-ring atau V-ring atau Wedge, dan yang ketiga dan empat dapat diblok dengan gasket atau o-ring.

Itulah beberapa penjelasan mengenai mechanical seal yang terdapat pada pompa-pompa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin memperbaiki pompa yang rusak.

Terimakasih sudah membaca.

Gearbest  promotion
Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *