Medan Listrik dan Menghitung Kekuatan Medan ListrikAbi Blog

Medan Listrik dan Menghitung Kekuatan Medan Listrik

Medan Listrik

Gaya yang diberikan pada partikel bermuatan merupakan manifestasi dari adanya medan listrik. Medan listrik didefinisikan sebagai arah dan besarnya gaya pada benda bermuatan.

Bidang tersebut tidak terlihat oleh mata telanjang manusia namun dapat ditarik sebuah garis konstruksi yang menunjukkan gerak muatan positif bebas dalam sebuah area, jumlah garis medan listrik pada area tertentu digunakan untuk menunjukkan kekuatan yang relatif dari pengaruh medan listrik di titik area tersebut.
Medan Listrik dan Menghitung Kekuatan Medan Listrik
Gambar 1

Pada gambar 1 dan gambar 2 ditunjukkan medan listrik yang saling tarik menarik dan tolak menolak, sementara gambar 3 menunjukkan medan yang ada diantara dua plat bermuatan paralel. ( perhatikan “fringing “ yang terjadi di tepi lempeng plat.

Kekuatan Medan Listrik

Medan Listrik dan Menghitung Kekuatan Medan Listrik
Gambar 2
Kekuatan beda potensial yang diterapkan dan berbanding terbalik dengan jarak antara dua konduktor. Kekuatan medan listrik dirumuskan dalam:

E = V / d

Dimana:
  • E : Kekuatan medan listrik dalam satuan volt per meter (V / m)
  • V : Beda potensial / tegangan dalam satuan Volt (V)
  • I : Jarak dalam satuan meter (m)

Contoh soal :

Ada dua buah konduktor atau penghantar yang dipisahkan dengan jarak 25 mm, hitunglah kekuatan medan listrik jika dimasukkan tegangan sebesar 600 Volt DC.
Medan Listrik dan Menghitung Kekuatan Medan Listrik
Gambar 3

Penyelesaian:

E = V / dE = 600 / (25 x 10-3)E = 24 kV / m

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Latest posts by Abi Royen (see all)

3 Comments

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *