Memahami jenis antena monopoleAbi Blog

Memahami jenis antena monopole

Pengertian antena monopole

Antena Monopole adalah sebuah antena radio yang berbentuk batang lurus terbuat dari konduktor yang dipasang tegak lurus di antara beberapa jenis bahan konduktif yang disebut ground plane.
 
Memahami jenis antena monopole
Sinyal yang dipancarkan (signal dari transmitter ke antena) atau diterima (signal dari pemancar yang diteima oleh antena ) oleh antena monopole berada pada batang konduktor antena monopole yang terpasang tegak diantara beberapa batang atau permukaan konduktif.
 
Koneksi kabel antena adalah satu pada ujung bawah batang konduktor monopole dan satu lagi dengan sisi ground plane.
 

Perbedaan antena Monopole dan Dipole

Perbedaan dengan antena dipole adalah, antena dipole menggunakan dua konduktor yang memiliki ukuran sama atau identik dengan signal pemancar diterima atau dipancarkan antara dua bagian antena.
 
Monopole termasuk jenis resonan antena, fungsi batang sebagai resonator untuk gelombang radio, dengan osilasi gelombang radio terdiri dari tegangan dan arus. Panjang antena ditentukan oleh panjang gelombang yang digunakan.
Memahami jenis antena monopole
 
Beberapa macam antena monopole antara lain adalah: Monopole seperempat glombang. Yaitu antena yang memiliki panjang sekitar ¼ panjang gelombang radio.

Sejarah antena monopole

Antena monopole diciptakan pertama kali oleh sang penemu radio yaitu Guglielmo Marconi pada tahun 1895, yang menemukan pengertian bahwa jika kita tempelkan satu terminal pemancar pada kawat panjang yang tergantung di udara dan satu sisi masuk k bumi atau grounding maka akan dapat mengirimkan signal jarak jauh. Beberapa orang menyebut antena ini adalah antena Marconi.

Pola radiasi antena monopole.

Seperti halnya jenis antena dipole, pada antena monopole-pun memiliki omdirectional pola radiasi, yaitu memancarkan kekuatan sama dengan arah azimut yang tegak lurus dengan antena tetapi daya radiasinya bervariasi tergantung sudut elevasinya, dengan radiasi memancar ke nol zenit, pada sumbu antena. Ini memancarkan gelombang radio vertikal terpolarisasi.
 
Beberapa jenis antena monopole misalnya antena heliks dapat memancarkan gelombang sirkuler terpolarisasi
Gearbest  promotion
Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *