Membangkitkan medan magnet di Planet Mars untuk mengembalikan atmosfer

Diposting pada

Membangkitkan medan magnet di Planet Mars ~ Planet Mars, atau biasa disebut sebagai planet merah mirip sekali dengan planet Bumi, medan magnt melindunginya dari radiasi dan badai matahari.

Namun menurut penelitian, sudah selama 4,2 miliar tahun medan magnet planet Mars tidak berfungsi alias mati, dan atmosfer mars juga perlahan memburuk selama hamper 500 juta tahun berikutnya.

Hal ini menyebabkan keadaan planet ini tidak mungkin lagi dihuni, tanpa medan magnet, sehingga tidak mungkin menghentikan badai matahari dan radiasi yang mempengaruhi lapisan atmosfer, menghabiskan kandungan H dan O.

Membangkitkan medan magnet di Planet Mars
Membangkitkan medan magnet di Planet Mars

Membangkitkan medan magnet di Planet Mars

Mars tidak mungkin cocok untuk mendukung kehidupan manusia, namun masih punya “harapan”.

Beberapa waktu lalu, NASA menjadi tuan rumah seminar Planetary Science Vision 2050, tajuk yang disampaikan adalah visi untuk jangka panjang seputar ilmu planet, mengumpulkan para ahli terkemuka dibidang ilmu tata surya dan disiplin ilmu lain yang terkait.

Baca Juga :  Perbedaan Pelindung Layar Tempered Glass dengan Anti Gores Biasa

Bersama para ahli teknologi luar angkasa, guna mengidentifikasi potensi dan tujuan ilmu pengetahuan serta teknologi yang memungkinkan dapat diterapkan pada akhir tahun 2040an yang akan mendukung tahap berikutnya mengenai eksplorasi tata surya.

Jim Green menyajikan presentasi bertajuk “ A future Mars Environment and Exploration”, dalam pembahasannya mengusukan kemungkinan membentuk perisai magnetik pada manusia yang memungkinkan Mars dapat dihuni oleh manusia.

Visi Green adalah meningkatkan kondisi di Mars, baik keadaan tekanan udara dan suhu, hal ini akan cukup untuk memungkinkan permukaan signifikan liquid air dan juga akan memiliki sejumlah manfaat bagi ilmu pengetahuan dan eksplorasi manusia ke luar angkasa di tahun 2040an.

Baca Juga :  Ingin Sinyal Wifi di Rumah Kuat dan Stabil, Begini Caranya

Ide ini sangat aneh dan terdengar mustahil, namun Green sangat yakin bahwa hal tersebut masih dapat tercipta dengan menempatkan dipole magnetic (loop arus yang menciptakan dan merespon medan magnet0 di Mars L1 Lagrange pint, membelokkan matahari dengan cara yang sama sebagai medan gaya alami.

Penelitian baru ini timbul karena penerapan rumus fisika plasma penuh dan percobaan di laboratorium. Di masa depan, sangat mungkin bahwa struktur inflatbel (s) dapat menghasilkan dipole medan magnet pada level 1 hingga 2 Tesla (atau 10.000 hingga 20.000 gauss), dan akan menjadi perisai aktif badai matahari, demikian menurut penjelasan Green.

Untuk menguji ide mereka, tim peneliti yang terdiri dari para ilmuwan dari Ames Research Center, Universitas of Colorado, Princeton University, Goddard Space Flight Center dan Rutherford Appleton Laboratory) melakukan simulasi menggunakan magnetosfer buatan yang akan mmpengaruhi atmosfer secara bertahap menebal dari waktu ke waktu, akhirnya mencairkan es karbon dioksida dan menyebabkan air es kutub mencair. Ini akan memulihkan 1/7 lautan di mars.

Baca Juga :  Bikin Drone Sendiri lebih keren Yah! Ini Dia Cara membuat drone sederhana

Seperti Bumi, kondisi akan ditingkatkan dan memungkinkan pendaratan besar-besaran ke permukaan, benteng terhadap sebagian radiasi partikel kosmik dan solar, memperpanjang kemampuan untuk ekstraksi oksigen, dan memberikan rumah kaca terbuka untuk produksi tanaman.

Ini kondisi baru di Mars dan memungkinkan penjelajah manusia dan peneliti untuk mempelajari planet secara lebih detail dan memungkinkan pemahaman yang benar-benar mendalam dari kelaykhunian planet merah ini.

Jika hal ini dapat dicapai dalam seumur hidup, kolonisasi Mars akan menjadi kenyataan, begitu penjelasan dan harapan Green lebih lanjut.

Membangkitkan medan magnet di Planet Mars untuk mengembalikan atmosfer

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.