Membuat Lampu Sorot LED Sendiri Lebih Murah

Diposting pada

Membuat lampu sorot LED sendiri untuk panggung jarak jauh murah – mungkin beberapa di Antara anda sudah tidak asing lagi dengan lampu Fresnel. Lampu Fresnel adalah lampu yang biasa digunakan untuk pertinjukan atau pementasan pada panggung, atau sering juga di sebut dengan Lampu sorot panggung LED jarak jauh.

membuat lampu sorot LED sendiri

Membuat Lampu Sorot LED Sendiri Untuk Kebutuhan Lampu Sorot Panggung

Pada umumnya lampu ini menggunakan sebuah lampu bohlam halogen, karena lampu halogen dapat memancarkan sinar dengan sangat terang. Akan tetapi, lampu halogen juga memiliki beberapa kekurangan yang harus anda ketahui diantaranya watt yang di miliki oleh lampu ini sangat besar sehingga sangat boros konsumsi listrik. Selain itu, penggunaan lampu dengan jenis halogen juga tidak dapat bertahan lama dengan rata-rata sekitar 400 jam.

Sinar yang di pancarkan oleh lampu halogen juga dapat membuat suhu pada panggung menjadi lebih panas. Oleh karena itu beberapa orang tidak menggunakan lampu jenis ini. Ada sebuah alternatif lain untuk membuat lampu sorot LED sendiri tanpa menggunakan lampu halogen.

Baca Juga :  Rumus Dasar Rangkaian Pembagi Tegangan

Anda dapat membuat lampu sorot panggung dengan menggunakan lampu LED. Penggunaan lampu LED pada lampu sorot panggung lebih baik daripada menggunakan lampu halogen karena selain menghemat daya, umur yang tahan lama, serta lampu LED tidak akan membuat suhu di panggung menjadi panas.

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat lampu sorot LED untuk panggung jarak jauh yang tentunya anda dapat merangkainya sendiri dengan biaya yang di keluarkan tentunya akan lebih murah jika di bandingkan dengan membeli lampu sorot panggung siap pakai di pasaran. Dan sebelum membahas tentang tahap pembuatan, anda harus mengetahui terlebih dahulu alat dan bahan yang anda butuhkan. Semua alat dan bahan anda bisa mendapatkannya pada toko komponen elektronika di sekitar anda.

Baca Juga :  Mengenali Komponen Elektronika Dasar

Bahan-bahan yang di butuhkan untuk membuat lampu sorot LED sendiri :

  • LED set 200 watt yang terdiri dari 200 buah LED. Anda dapat merangkainya sendiri dari 200 buah LED. Namun jika anda ingin lebih simpel, anda di sarankan untuk membeli LED set karena selisih harga yang di tawarkan tidak terlalu jauh.
  • Kipas + fan cooler untuk mendinginkan LED agar ketahanan dari LED lebih lama. Anda dapat mengambil kipas dan fan cooler pada computer bekas atau dapat membeli satu fan set siap pakai.
  • Power supply dengan tegangan 70 volt dengan arus 3-3,5 ampere.
  • Lensa cembung yang dapat berfungsi untuk mengarahkan sinar dari LED agar lebih fokus untuk menyorot objek tertentu. Anda bisa mendapatkannya di toko komponen elektronika.
  • Modul DMX LED driver agar lampu sorot panggung dapat di dimmer. Komponen satu ini tidak wajib. Namun jika anda menginginkan dimmer pada lampu sorot anda, anda harus menggunakannya.
  • Jika anda ingin tampilan yang rapi, anda dapat menggunakan box kayu.
Baca Juga :  Rangkaian pendeteksi ketinggian air

Alat-alat yang di butuhkan :

  • Obeng
  • Gunting
  • Cutter
  • Lem tembak
  • Gergaji
  • Solder dan timah
  • Isolasi

Jika semua komponen telah siap, maka anda dapat langsung merakitnya menjadi satu. Hubungkan LED set ke modul DMX LED driver dan power supply. Setelah itu, tempatkan lensa di depan LED set, lalu masukkan semua komponen ke dalam box. Agar lebih rapi, gunakan lem tembak, lalu anda dapat melakukan uji coba.

Pastinya anda tertarik untuk merangkainya sendiri di rumah dengan biaya yang di keluarkan sangat murah jika di bandingkan anda membeli lampu sorot LED siap pakai. Anda dapat mencobanya sendiri dirumah.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.