Memilih antara Stainless Steel tipe 304 atau 301Abi Blog

Memilih antara Stainless Steel tipe 304 atau 301

Stainless Steel seri 300 merupakan paduan austenitik yang secara khusus di formulasikan untuk jenis Stainless Steel Sink
Lalu apa yang lebih baik antara seri 301 atau 304?
Kedua paduan stainless ini sangat mirip, yang membedakannya adalah jumlah kandungan kromium , nikel dan karbon di dalamnya.Jenis 301 merupakan pilihan lebih murah dibandingkan dengan jenis 304. Hal ini wajar mengingat harga kandungan unsur nikel dan kromium dalam pembuatannya, sementara karbon merupakan material yang lebih murah.Hal hal yang perlu diperhatikan akan pengaruh kandungan atau unsur pada stainless steel yang pasti akan mempengaruhi daya tahan, penampilan dan keawetan setelah menjadi barang jadi atau perabot antara lain:

Baca Juga :  Rumus persamaan menghitung diameter orifice untuk cairan

1. Kromium memiliki efek stainless steel akan tampak lebih berkilau / mengkilap dan lebih memiliki daya tahan.

Pada tipe 304 kandungan kromium-nya adalah 18%, ini menjadi kan nya lebih tahan terhadap korosi dan oksidasi, itulah sebabnya akan nampak tetap berkilau.Sedangkan jenis 301 memiliki kandungan kromium lebih rendah dari tipe 304, jadi kesimpulannya bahwa tipe 301 lebih rentan terhadap korosi dan oksidasi dan tentunya akan lebih cepat kusam penampilannya.

Memilih antara Stainless Steel tipe 304 atau 301
Memilih antara Stainless Steel tipe 304 atau 301

Baca juga :Memahami Komposisi dan Spesifikasi Stainless Steel Tipe 304 dan 304L

2. Kandungan Nikel berpengaruh terhadap tingkat kekerasan dan kekuatan stainless steel

Pada tipe 304 jumlah kandungan nikelnya adalah sekitar 8 hingga 10,5% dan itu akan membuatnya semakin tahan terhadap pengaruh lingkungan.Sedangkan pada tipe 301 kandungan nikel di dalamnya antara 6 hingga 8%, tentunya kekuatan dan daya tahan terhadap lingkungan masih dibawah tipe 304.

3. Kandungan karbon pada stainless steel

Pada jenis 304 unsur karbon maksimum adalah 0,08% atau hampir setengah kandungan karbon pada jenis 301 yang memiliki kandungan sekitar 0,15%.Kandungan karbon yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan sensitisasi pada saat pengelasan atau pemotongan yang menghasilkan panas akan terjadi pembentukan karbida kromium.

Karbida kromium berpengaruh sekali terhadap proses korosi intergranular dan membutuhkan pencegahan agar tidak terus menjadi korosi.Jelas dari pertimbangan diatas akan ditemukan kesimpulan bahwa tipe 304 adalah lebih unggul dari pada tipe 301, namun secara nyata kembali ditentukan oleh budget dalam menentukan pilihan material apakah tipe 301 atu tipe 304?

Namun untuk jangka panjang perlu melakukan keputusan bijak, yaitu lebih mahal dengan kualitas dan ketahanan lebih dari pada murah tapi cepat rusak.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Latest posts by Abi Royen (see all)

6 Comments

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *