Trik Memperbaiki micro SD yang Rusak dan Tidak TerbacaAbi Blog

Trik Memperbaiki micro SD yang Rusak dan Tidak Terbaca

Memperbaiki micro SD ~ Micro SD merupakan hardware atau komponen yang biasanya terdapat pada suatu smartphone atau perangkat lainnya yang memerlukan media penyimpanan. Komponen kecil ini berfungsi sebagai tempat menyimpan data atau file. Entah itu berupa gambar, video, musik, atau file lainnya. Atau bisa di bilang, micro SD adalah hardisk-nya smartphone. Karena fungsinya keduanya sama.

Dan seperti perangkat lainnya, tentu saja micro SD bisa rusak atau tidak berfungsi normal lagi. Dan biasanya ketidaknormalan tersebut tidak selamanya karena micro SD tersebut rusak total atau tidak bisa di gunakan lagi. Karena terkadang, dengan beberapa teknik tertentu micro SD yang rusak dan eror tersebut bisa berfungsi normal lagi.

Memperbaiki micro SD
Memperbaiki micro SD

Penyebab Micro SD yang Rusak dan Tidak Terbaca

1. Seringnya micro sd dicopot-pasang

Mencopot dan memasang dengan frekuensi yang terlalu sering terkadang menyebabkan micro SD anda rusak. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya anda gunakan kabel data untuk mentransfer data yang ada pada micro SD ke komputer.

2. Dicabut Langsung dari Komputer atau Ponsel

Tindakan mencabut langsung micro SD dari komputer atau ponsel ini sangatlah kurang bijak. Tindakan mencabut micro SD anda tanpa unmount atau Eject atau yang biasa dikenal dengan Safely Remove Removable Media ini dapat menyebabkan kerusakan pada data yang terdapat pada micro SD.

Usahakan anda tidak terburu-buru mencabut sebelum notifikasi aman untuk dicabut muncul, karena proses itulah yang akan mengamankan seluruh data anda yang terdapat pada micro SD anda.

3. Terkena Cairan atau Kotoran

Cairan atau kotoran mampu menghambat pengidentifikasian kartu memori. Logam tembaga yang terhalang baik seluruhnya maupun sebagian menyebabkan kegagalan dalam pembacaan micro SD pada perangkat yang anda gunakan. Untuk menghindari hal ini, usahakan anda memegang micro SD dengan kondisi tangan yang kering dan bersih.

Memperbaiki micro SD 2

4. Magnet

Magnet merupakan musuh dari segala media penyimpanan yang berbasis magnet. Magnet mampu merusak susunan data yang tersimpan pada micro SD hingga sangat berantakan.

Untuk mencegah hal ini terjadi, maka hindarkan micro SD dari benda-benda yang memiliki medan magnet yang sangat kuat seperti speaker, TV layar CRT, kumparan motor dan lainnya.

5. Bekerja Keras Dalam Waktu yang Lama

Jika ponsel anda menggunakan aplikasi yang standar dan tidak terdapat proses tweaking berlebih di dalamnya, maka dipastikan tidak akan terjadi masalah yang begitu berarti.

Namun, jika anda menggunakan aplikasi yang penuh dengan tweaking sementara Class microsd anda tidak terlalu tinggi, yang terjadi adalah kartu memori bekerja ekstra keras untuk menyimpan data berat dengan waktu yang singkat. micro SD akan rusak jika terus dibiarkan dalam kondisi tersebut.

Meski merk dan class micro SD anda tergolong tinggi, tetaplah ingat bahwa mereka memiliki batasan tertentu sehingga anda dapat memperkirakan mana pekerjaan yang mampu ditangani micro SD anda dan mana yang tidak mampu ditangani oleh micro SD anda.

6. Terkena Virus atau Malware

Beberapa virus dan malware dapat menyebabkan malfungsi pada micro SD yang anda miliki. Selalu tingkatkan kewaspadaan dan untuk tidak mencentang Unknown Sources pada Android karena sebagian besar virus bisa juga berasal dari apk dan bisa juga berasal dari komputer atau laptop yang biasa anda gunakan untuk mentransfer data baik dari ponsel ke komputer, maupun dari komputer ke ponsel.

Usahakan anti-virus dan anti-malware yang ada pada komputer anda selalu terupdate sehingga mampu mendeteksi adanya virus dan malware lainnya. Pada smartphone android, pasang aplikasi anti-virus seperti CM Security dan program aplikasi lainnya yang dapat membantu mendeteksi ancaman virus dan malware serta mengatasi permasalahan tersebut.

Memperbaiki micro SD 3

Cara Memperbaiki micro SD yang Rusak atau Tidak Terbaca

1. Cara Pertama

  • Keluarkan kartu memori dari ponsel anda setelah anda mematikan ponsel anda terlebih dahulu.
  • Coba bersihkan lempengan tembaga (kepingan berwarna kuning) dengan menggunakan karet penghapus secara perlahan, dan lakukan penggosokan secara searah.
  • Masukkan kembali ke dalam ponsel yang anda gunakan, dan periksalah apakah sudah terbaca datanya ataukah belum.

2. Cara Kedua

  • Dalam keadaan ponsel sedang menyala masuklah ke pilihan Options > Memory > Total Space > Repair.
  • Jika anda pengguna Android, pilihannya sedikit dibatasi, coba masuk ke Setting > Storage > Erase sdcard. Terkadang metode ini mampu memperbaiki segala kerusakan (layaknya perintah menu Format).
  • Periksa kembali apakah data sudah berhasil terbaca ataukah belum.

Memperbaiki micro SD 4

3. Cara Ketiga

  • Hubungkan ponsel ke laptop atau komputer anda menggunakan sebuah kabel data.
  • Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel anda terkoneksi pada mode USB Mass Storage, bukan Media Transfer.
  • Kemudian klik kanan properties pada drive micro SD.
  • Pilih Tools, kemudian Error Checking, kemudian tunggu hingga proses checking hingga selesai.
  • Eject drive yang baru saja dicheck kemudian periksa apakah drive sudah terbaca ataukah belum.

4. Cara Keempat

Jika cara ketiga menghasilkan kartu memory anda terbaca pada PC tapi tetap tidak terbaca pada ponsel anda, maka cobalah cara keempat ini.

  • Backup semua data pada micro SD anda ke Harddisk.
  • Setelah selesai, cobalah format kartu memory anda.
  • Pada kotak format, cobalah ubah file systemnya menjadi FAT 16.
  • Tunggu hingga proses formatting selesai.
  • Setelah selesai, copykan seluruh data yang anda backup sebelumnya ke kartu memory anda lagi.
  • Kemudian periksa apakah sudah terbaca atau belum pada ponsel anda.

Memperbaiki micro SD 5

Demikianlah penyebab dan cara memperbaiki micro SD anda yang rusak dan tidak terbaca. Karena itu, jagalah dengan baik dan rawat dengan baik serta gunakan dengan baik pula micro SD anda agar tetap dapat digunakan sebagaimana mestinya micro SD.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *