Inilah Cara Jitu Mempercepat Transfer Data Flashdisk yang Sebaiknya Anda Coba

Diposting pada

Mempercepat Transfer Data Flashdisk ~ Bagi Anda pengguna komputer, apalagi berprofesi sebagai mahasiswa, tentu saja Anda tidak dapat dipisahkan dengan yang namanya flashdisk.

Benda kecil mungil ini merupakan barang wajib yang Anda bawa kemana-mana karena flashdisk merupakan tempat sakral untuk menyimpan berbagai macam data yang mudah dibawa-bawa.

Karena flashdisk merupakan tempat Anda untuk menyimpan data, maka sudah tentu Anda sering melakukan copy atau transfer data ke flashdisk. Jika data atau file yang Anda transfer berukuran kecil, tentu saja tak ada masalah atau harus menunggu lama karena dalam beberapa menit saja sudah selesai.

Namun, jika data atau file yang Anda transfer sudah ratusan M B, atau bahkan sampai berpuluh-puluh giga, Anda tentu saja harus menunggu lama.

Dan menunggu transfer yang sangat lama, apalagi jika Anda dalam keadaan terburu-buru, tentu saja hal ini menyebalkan bukan? Tapi Anda jangan khawatir, transfer data ke flashdisk sebenarnya bisa Anda siasati.

Baca Juga :  Cara Memilih dan Memasang Saklar Lampu Yang Benar
Mempercepat Transfer Data Flashdisk
Mempercepat Transfer Data Flashdisk

Berikut ini kami akan memberikan cara jitu untuk Anda mempercepat transfer file atau data Anda ke flashdisk. Simak tipsnya:

Mempercepat Transfer Data Flashdisk

1. Kemampuan Write Speed

Bagi Anda yang belum memiliki flashdisk atau berencana mengganti flashdisk Anda yang sekarang dengan yang baru, maka belilah flashdisk yang memiliki write speed yang cukup tinggi.

Write speed ini menjadi penentu kecepatan akses data dan penulisan data dalam flashdisk. Semakin tinggi writer speed, maka akan semakin cepat proses transfer data.

2. Mengubah Format Flashdisk

Cara selanjutnya untuk mempercepat transfer flashdisk Anda adalah dengan cara mengubah format flashdisk dari Fat 32 menjadi NTFS (New Technology File System). Caranya Anda harus memformat flashdisk Anda menjadi NTFS.

3. Optimize for performance

Langkah ketiga adalah meningkatkan performa flashdisk Anda dengan mengubahnya menjadi Optimize for performance. Caranya: klik kanan pada properties pada flashdisk Anda di My Computer ==> pilih tab Hardware ==> pilih USB flashdisk yang terbaca, lalu pilih properties ==> pilih Optimize for Performance.

Baca Juga :  Hindari 5 Pantangan Ini Agar Smartphone Awet dan Tahan Lama

Untuk melakukan langkah yang satu ini, Anda perlu sangat berhati-hati. Anda harus meng-eject flashdisk ketika flashdisk terbaca di komputer, jika tidak, flashdisk Anda akan “pensiun dini”.

4. Menggunakan Software Teracopy

Anda juga dapat menggunakan software Teracopy agar proses transfer flashdisk Anda dapat didongkrak. Namun Anda sangat tidak disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan software ini karena penggunaan software ini secara berlebihan akan menyebabkan flashdisk Anda kelelahan dan akan berujung kerusakan pada flashdisk.

5. Tidak mengirimkan Data Bersamaan

Saat hendak mentransfer suatu file atau data, perhatikanlah terlebih dahulu file atau data tersebut. Jangan mengirimkan file secara bersamaan karena satu file ukuran 100 Mb tentu akan dapat ditransfer lebih cepat daripada 30 file ukuran yang sama namun ditransfer secara bersamaan.

Jika Anda mntransfernya secara bersamaan, maka Anda sudah memaksakan flashdisk Anda bekerja terlalu keras sehingga ia kelelahan.

Baca Juga :  Berbagai Keunggulan Linux Dibanding Windows Menurut Para Hacker

6. Jangan Copy Paste Data

Ketika mentransfer file atau data ke flashdisk, mungkin Anda sering melakukannya dengan cara copy-paste. Namun tahukah Anda kalau copy-paste terkadang menyebabkan proses transfer menjadi lebih lamban.

Anda dapat menggandakan file atau data yang akan Anda transfer terlebih dahulu, lalu cut-lah data tersebut ke flashdisk Anda. Cara ini terkadang lebih cepat dari pada hanya meng-copy-paste saja.

7. Jangan Asala Mencabut Flashdisk

Ketika sudah selesai menggunakan flashdisk, maka jangan langsung mencabut flashdisk Anda tersebut begitu saja dari laptop atau komputer.

Anda harus meng-ejectnya terlebih dulu dengan cara klik kanan pada flashdisk, lalu pilih eject. Jika terbiasa langsung mencabut flashdisk Anda maka akan berefek buruk pada flashdisk tersebut.

Itulah beberapa cara jitu mempercepat transfer data flashdisk. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.