Cara Efektif Menekan Tagihan Listrik Di Hotel

Menekan Tagihan Listrik Hotel

Anda seorang pengusaha di bidang perhotelan? Entah Anda sebagai pemilik atau pekerja yang membawahi masalah kelistrikan ? Sebaiknya disimak ulasan artikel berikut ini. Yaitu cara terbaik dalam menekan tagihan listrik hotel Anda. Silahkan disimak.

Menekan Tagihan Listrik Hotel

Tips Menekan Tagihan Listrik Hotel

1. Menjelaskan Kebijakan Hotel

Sebagai cara untuk membuat pengggunaan listrik di hotel lebih hemat adalah dengan memberitahukan kebijakan yang sedang ditegakkan mengenai program hemat energi kepada semua tenaga kerja dan pengunjung.

2. Menggunakan Sistem Kartu Listrik

Solusi ini sangat tepat untuk digunakan di ruang lingkup perhotelan agar lebih hemat listrik yaitu listrik akan mati ketika kunci dicabut. Sebaiknya Anda tidak memberikan kunci cadangan secara bebas kepada pengunjung. atau terapkan denda jika pengunjung benar-benar membtuhkan kunci cadangan, yaitu sekitar Rp 30.000,00.

Baca Juga :  Standar Peraturan Instalasi Listrik Puil 2000

3. Atur Sirkulasi Udara

Memanfaatkan udara alami dengan menyediakan ventilasi di tiap ruangan merupakan cara yang tepat untuk mengurangi penggunaan alat pendingin udara.

4. Gunakan Pencahayaan Alami

Menggunakan cahaya matahari sebagai penerangan ruangan bisa menjadi solusi tepat bagi Anda sehingga para tamu dan pegawai bisa lebih membatasi penggunaan listrik di siang hari.

5. Urutkan Kelas Kamar dari Lantai Terbawah

Jika hotel yang Anda kelola lebih dari satu lantai, sebaiknya Anda menata ruang kamar dengan harga paling murah di lantai bawah. Sehingga harga sewa yang murah bisa seimbang dengan pembatasan penggunaan lift yang memakan listrik cukup banyak.

Baca Juga :  Penggunaan Rumus pada Hukum Kirchoff

6. Batasi Penggunaan Alat-alat Elektronik di Dapur

Anda bisa membuat kebijakan dengan menyusun jadwal tertentu saja untuk melakukan kegiatan memasak di dapur. Sehingga para pegawai Anda hanya melakukan tugas pada jam yang telah ditentukan. Selain itu, pastikan mereka telah mencabut semua peralatan listrik di dapur yang sudah tidak digunakan.

7. Gunakan Listrik Otomasi pada Ruang Luar

Luasnya area hotel menjadikan jumlah lampu juga lebih banyak. Terutama pada bagian luar ruang hotel yang menjadi kunci untuk membuat suasana hote menjadi tidak suram. Jika pegawai lupa menyalakan, maka akan sangat memberika kesan gelap pada hotel.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih lampu otomatis. Karena terbukti lebih hemat istrik, selain memudahkan cara menghidupkan dan mematikannya.

Baca Juga :  Kontaktor Dan Penggunaannya

8. Pasang Tombol Power Otomatis pada AC

Jika ruang ditinggalkan atau lupa tidak dimatikan, maka AC dapat mati secara otomatis. Sehingga lebih menghemat penggunaan listrik di semua ruang kamar.

9. Gunakan Genset Otomatis

Cara ini akan memudahkan pegawai ketika lampu baru padam sehingga tidak perlu menekan tombol power pada genset terlebih dahulu. Serta para tamu juga tidak terlalu lama menunggu saat listrik sudah menyala.

10. Gunakan Alat Elektronik Hemat Energi

Anda bisa memilih peralatan listrik modern dengan keterangan daya yang kecil namun tetap efektif.

Jadi, itulah beberapa cara yang dapat kami bagikan mengenai cara menekan tagihan listrik hotel dengan membuat pemakaian listrik hotel lebih hemat. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *