Solusi Mudah Untuk Mengembalikan Sinyal Android yang Hilang

Mengembalikan Sinyal Android yang Hilang ~ Pernahkan Anda mengalami masalah hilangnya sinyal Android yang ditandai dengan huruf X? Hal ini tentu sangat menyebalkan, apalagi jika Anda sedang membutuhkan sinyal untuk mengakses internet dan menghubungi seseorang melalui telpon atau sms.

Nah, jika Anda mengalami hal ini, jangan khawatir. Berikut telah kami rangkum trik mengatasi masalah hilangnya sinyal pada perangkat Android, yang bisa Anda coba. Silahkan disimak.

Mengembalikan Sinyal Android yang Hilang

Solusi Mengembalikan Sinyal Android yang Hilang

1. Reboot Smartphone Android

Reboot smartphone Android merupakan solusi pertama yang dapat Anda lakukan. Umumnya, dengan melakukan reboot pada smartphone Android akan mengembalikan sinyal yang hilang.

2. Mode Penerbangan (Airplane Mode)

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan mode penerbangan (airplane mode). Selama beberapa detik, silahkan aktifkan airplane mode Anda, lalu matikan mode penerbangan smartphone Android Anda. Hal ini bertujuan untuk memancing sinyal smartphone Android Anda yang hilang.

3. Hapus Cache Network

Kemampuan Android dalam mencari sinyal akan terhambat karena adanya penumpukan cache yang berlebihan. Oleh karena itu, Anda wajib menghapus cache network pada smartphone Android. Anda dapat menggunakan aplikasi cleaner, seperti Clean Master karena aplikasi ini terbukti ampuh dalam menghapus cache network pada perangkat Android.

Baca Juga :  Menghitung Plumbing Untuk Rumah Hunian Terbilang Mudah, Kok!

4. Matikan Smartphone Android

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan sinyal Android yang hilang adalah dengan mematikan smartphone Anda. Pastikan Anda juga telah mencabut sim card, sd card dan baterai smartphone.

Setelah itu, diamkan selama 30 detik. Hal ini bertujuan agar daya baterai tidak masuk pada smartphone Android. Lalu silahkan pasang kembali dan nyalakan lagi smartphone Android Anda.

5. Pastikan Area Anda terjangkau Sinyal

Solusi mudah untuk mengembalikan sinyal Android yang hilang berikutnya adalah memastikan jika Anda berada di area yang terjangkau oleh sinyal operator.

Jangkauan sinyal Android mempunyai frekuensi yang beragam, tergantung pada lokasinya. Biasanya, di kota memiliki sinyal yang lebih luas, sementara di desa dan hutan tergolong sulit menerima jangkauan sinyal karena jauh dari tower pemancar serta terhalang gunung.

6. Periksa Kartu SIM Anda

Hilangnya sinyal Android juga bisa disebabkan oleh pemasangan sim card yang tidak tepat atau terjadi pergeseran letak kartu sim. Untuk itu, sebaiknya Anda mencabut kartu sim kemudian memasangnya kembali.

Baca Juga :  Smartphone seri baru dari LG Midrange G4 Stylus dan G4c

Apabila langkah tersebut belum berhasil, kemungkinan hilangnya sinyal dikarenakan oleh jaringan operator kartu sim. Untuk memastikan hal ini, coba Anda ganti menggunakan sim card operator lain untuk sementara waktu. Apabila Anda telah mengganti kartu sim, namun masih tetap tidak dapat menerima sinyal, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

7. Flash Smartphone Android Anda

Jika hilangnya sinyal Android disebabkan oleh firmware yang bermasalah setelah update sistem operasi Android terbaru, maka yang harus Anda lakukan adalah melakukan flash ulang. Caranya dengan terlebih dahulu mendownload firmware yang disediakan oleh vendor aslinya dan pastikan firmware tersebut sesuai dengan tipe perangkat Android Anda.

8. Lakukan Factory Reset

Factory reset adalah mengembalikan perangkat Android ke pengaturan awal. Solusi terakhir ini dilakukan jika cara di atas tidak ada yang berhasil mengembalikan sinyal Android Anda.

Melakukan factory reset terbilang beresiko karena akan membuat semua data beserta aplikasi yang terdapat pada memori internal hilang. Oleh sebab itu, untuk menghindari resiko ini, sebaiknya terlebih dahulu Anda pindahkan data-data penting tersebut pada eksternal memori atau laptop.

Baca Juga :  Jangan Anggap Cara Membuat Antena Router Wifi itu Sulit!

Demikianlah diatas tips yang bisa kami bagikan terkait solusi mudah dalam mengembalikan sinyal Android yang hilang. Semoga bermanfaat!

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *