Mengenal Alat Pengukur Arus (Current Measurement)

Diposting pada

Mengenal Alat Pengukur Arus (Current Measurement)

Mengenal Alat Pengukur Arus (Current Measurement)    Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengukur besaran arus listrik, yang pertama dan paling mudah adalah dengan pengukuran langsung dengan mengalirkan arus melalui multimeter dan disambung seri dengan perangkat beban yang memiliki resistan/tahanan. Cara pertama memiliki keterbatasan yaitu hanya mampu pada range ampere rendah, pada multimeter biasa memiliki kemampuan maksimal 10A.
   Cara yang kedua adalah dengan menggunakan menggunakan pengaruh medan arus yang mengalir melalui konduktor, seperti kita ketahui bahwa setiap arus yang mengalir melalui konduktor akan menghasilkan medan elektromagnetik. Medan elektromagnetik inilah yang dipergunakan untuk memepengaruhi kumparan pada alat pengukur arus tanpa harus bersentuhan langsung.
Mengenal Alat Pengukur Arus (Current Measurement)
    Cara yang kedua memungkinkan untuk pembacaan/ pengukuran ampere yang lebih tinggi , bahkan hingga ribuan ampere.
  Alat pengukuran arus/ampere memiliki jack input khusus untuk pengukuran arus. Kadangkala karena kesalahan kita menggunakan jack input ini mengakibatkan kerusakan pada alat pengukuran (multimeter) karena arus yang terlalu besar bisa saja langsung masuk ke peralatan pengukuran dan mengakibatkan kerusakan komponen. Jadi perlu diperhatikan dalam menentukan jack inputnya.
Mengenal Alat Pengukur Arus (Current Measurement)
  Untuk mengantisipasi kejadian kesqlahan penggunaan jack input tersebut, beberapa produsen alat pengukuran melakukan penambahan komponen dengan relay internal di dalam perangkat pengukuran untuk meminimalkan resiko kerusakan.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.