Mengenal dasar dan jenis Thermistor

Diposting pada
Dengan menggunakan Resistor jenis biasa atau juga di sebut resistor tetap (fixed resistor) hasil pengukuran yang di dapat adalah tetap pada berbagai suhu. Bisa dibaca di: Hubungan resistansi / hambatan dan suhu. Nilai perubahan resistansi yang terjadi pada resistor tetap yang dipengaruhi suhu  adalah sangat kecil.

Pada perkembangannya resistor dapat dibuat untuk mendeteksi suhu, jenis resistor ini disebut dengan Thermistor.

Mengenal dasar dan jenis Thermistor


Mengenal dasar dan jenis Thermistor
KarakteristikNTC
Thermistor adalah jenis resistor yang nilai resistansinya tergantung dari perubahan suhu yang mengenai permukaannya. Jadi thermistor masuk dalam jenis sensor suhu / temperatur.

Ada dua jenis dasar thermistor yaitu jenis NTC dan PTC. NTC adalah Positive Temperature Coefficient, sementara NTC adalah Negative Temperature Coefficient.
Thermistor jenis NTC memiliki cakupan resistansi yang beragam yaitu antara ratusan Ohm (atau bahkan ribuan Ohm) pada suhu 25C hingga puluhan Ohm( ratusan Ohm) pada suhu 100C.

Sementara itu jenis PTC memiliki cakupan resistansi yang tetap substansial sekitar 100 Ohm hingga 10kOhm pada suhu antara 80 hingga 120C.

Mengenal dasar dan jenis Thermistor
Karakteristik PTC
Jenis Thermistor PTC memiliki kelebihan dalam mengatasi kelebihan arus (over current) sehingga arus yang mengalir melalui thermistor jenis ini memiliki ambang batas yang diijinkan. Dari proses pembatasan arus ini berdampak munculnya panas, namun diabaikan dan nilai tahanan akan tetap pada nilai rendah, yaitu sama dengan nilai resistansi pada suhu 25C.

Dalam kasus terjadi kesalahan yaitu pada saat disaat arus yang mengelir di atas ambang batas dan menimbulkan peningkatan suhu atau panas. Nilai resistansi akan meningkat dengan cepat dan akibatnya nilai akan turun pada semua ukuran.

Cakupan arus yang diijinkan mengalir adalah antara 200mA hingga 8mA, yang menunjukkan besar resistansi 25Ohm pada suhu 25C.

Baca Juga :  Sejarah Antena

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.