Mengenal dasar Variable Resistor atau Resistor tidak tetap

Banyak jenis Variable Resistor yang dijual dipasaran dari ukuran resistansinya hingga bentuk fisiknya. Namun pada dasarnya variabel resistor memiliki bagian utama yaitu sebuah trek karbon dan menggunakan elemen kawat atau tembaga kontak yang dapat bergeser.

variable resistor
variabel resistor adalah komponen jenis resistor tidak tetap

Baca juga : Pemahaman Semikonduktor Dioda

Arah geser dari elemen kontak terhadap trek karbon ini bisa berbentuk lurus dan berputar, pada kedua ujung merupakan kaki dengan resistansi yang tetap sementara pada sisi ujung elemen kontak adalah memiliki resistansi terhadap ke dua ujung yang lain sesuai titik gesernya.

Umumnya variabel resistor memiliki tiga kaki / ujung kontak. Artinya, ujung elemen kontak akan memiliki nilai resistansi yang kecil jika posisi kontak bergeser ke salah satu sisi dan nilai yang semakin membesar terhadap sisi yang lain.

Variabel resistor lebih dikenal sebagai potensiometer, sering digunakan sebagai pengatur volume suara, bass, treeble dll. Pada bidang instrumentasi sering sebagai tuning resistansi.

fisik vr
variabel resistor adalah komponen jenis resistor tidak tetap

Baca juga : Dasar Pembentukan Bahan Semikonduktor

Potensiometer karbon tersedia dalam trek yang linier atau semi-logaritmik, seperti di sebut diatas dalam bentuk slide putar maupun lurus. Beberapa jenis adalah penggabungan beberapa trek ( contoh dalam potensiometer stereo) yang berfungsi mendapatkan nilai yang sama pada satu lingaran atau sudut tapi memiliki trek berbeda yang dihubungkan dalam satu poros pengendali.

Dalam bidang instrumentasi variabel resistor sering digunakan dalam pemakaian proses kalibrasi peralatan.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *