Mengenal fungsi dasar Transfer Switch

Pengertian Transfer Switch 

Transfer Switch adalah suatu rangkaian khusus yang digunakan untuk merubah pasokan listrik dari beberapa pilihan sumber listrik.


Pada saat sumber daya utama (sumber daya primer) sebagai sumber listrik yang digunakan atau dibutuhkan hilang maka secara otomatis transfer switch memindahkan sambungan ke sumber daya alternatif (sumber daya sekunder).


Jadi transfer switch mengatur secara otomatis maupun manual sambungan dari beberapa sumber listrik. Pada prakteknya hanya ada dua sumber yang sering digunakan yaitu sumber utama dari jaringan listrik PLN dan sumber alternatif dari genset.
Baca Juga :  Standard Operating Panel AC 
Sementara di kapal dua sumber listrik tersebut adalah satu dari Generator Utama (Main Generator) dan dari Emergency Generator, biasanya dengan tambahan slot dari shore/ darat untuk option ke tiganya.
Proses pemindahan sambungan dari satu sumber listrik utama ke sumber listrik sekunder adalah karena turunnya tegangan yang masuk dari sumber utama dibawah nilai yang telah ditentukan (pada setting parameter transfer switch). Secara otomatis memerintahkan pada sumber sekunder melakukan starting untuk mencapai nilai tegangan yang diharapkan.
Pada titik dimana tegangan dari sumber sekunder telah sama dengan nilai setting pada transfer switch yang telah ditentukan maka sambungan dari sumber sekunder akan masuk dan siap untuk menggantikan sumber utama.
Begitupun proses penyelesaian tugas dari sumber listrik sekunder. Jika sumber utama telah memberikan atau menghasilkan kembali tegangan yang dibutuhkan (dalam hal ini kembali ke nilai setting pada parameter transfer switch) maka secara otomatis akan memerintahkan pemutusan terhadap sumber sekunder dan kembali ke sambungan sumber utama. Secara otomatis juga memerintahkan sumber sekunder ( dalam hal ini dadalah generator) untuk Shut Down.

Bagian-bagian dari Transfer Switch

Bagian utama dari transfer switc terdiri dari tiga, yaitu:
1. Kontak Utama yang menghubungkan dan memutuskan jaringan pemakaian ke sumber daya listrik.
2. Mekanisme transfer yang berfungsi mengubah sambungan dari sumber listrik yang satu ke sumber listrik yang lainnya.
3. Sirkuit Kontrol untuk memantau kondisi sumber daya dan mengatur proses transfer antar sambungan, dan juga masalah safety (keamanan ) proses.
Baca Juga :  Rangkaian Seri Dan Paralel
Loading...
loading...
Satu Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *