Jenis dan Fungsi Resistor dalam pemahaman Elektronika DasarAbi Blog

Mengenal Jenis dan Fungsi Resistor

Komponen elektronik bernama Resistor ini merupakan komponen dasar yang memiliki perkembangan varian macam dan jenis yang sangat banyak, serta memiliki berbagai fungsi pada tujuan penggunaannya. Jenis dan fungsi resistor beragam yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Itulah yang seringkali membuat banyak orang bingung, karena banyak sekali varian baru yang mungkin belum pernah dilihat sebelumnya. Pada dasarnya komponen-komponen baru tersebut memiliki fungsi yang sama.

Baca Juga :  Mengenal rumus dasar dan pemahaman Induktor

Beberapa inovasi produk resistor terbaru yang muncul dengan seiring perkembangan jaman, diantara lain resistor cahaya, resistor potensio, dan resistor suhu atau disebut juga resistor non linear yaitu tidak tetap.

Mengenal Jenis dan Fungsi Resistor
Mengenal Jenis dan Fungsi Resistor

Bagaiamana cara mengukur nilai tahanan resistor? lebih lengkap baca artikel berikut : Cara Mengukur Tahanan (Resistor)

Nah, bagi Anda yang baru saja belajar dunia reparasi elektronik, sebaiknya mulai dari dasar terlebih dahulu. sebelum melanjutkan ke tahapan yang lebih tinggi. Untuk itu pada bahasan kali ini kami akan memberikan penjelasan lebih detail mengenai macam jenis dan fungsi resistor.

Jenis komponen elektronik

 Jenis komponen elektronik ini dibedakan menjadi 2 yakni komponen pasif dan aktif. Komponen pasif merupakan komponen yang mampu bekerja meskipun tanpa sumber tegangan, sementara komponen aktif merupakan komponen tidak dapat bekerja apabila tidak terdapat sumber tegangan.

Penmgertian jenis dan fungsi resistor

Resistor adalah komponen dasar pada elektronik yang harus Anda ketahui. Satuan nilainya adalah Ohm. Pada umumnya komponen resistor ini berbentuk bulat memanjang dilengkapi dengan gelang-gelang yang juga memiliki nilai, contohnya resistor dengan kombinasi gelang berwarna cokelat, hitam, cokelat, dan emas. Berarti nilai hambatan yang dimiliki oleh resistor tersebut adalah 100 Ohm.

Fungsi utama Resistor adalah sebagai penghambat arus listrik pada aliran suatu rangkaian elektronik. Komponen ini bisa sangat mudah Anda temukan pada hampir semua rangkaian elektronik, seperti Televisi, Tape Amplifier, Radio, dan lain sebagainya.

Jenis dan fungsi resistor dibedakan menjadi tiga jenis, berikut jenis-jenis Resistor :

1. Jenis Resistor tidak tetap atau Trimer Potensiometer / Trimpot

Jenis Resistor memiliki karakteristik yang dapat diatur dari hambatannya, atau disebut juga Variable Resistor, TRIMPOT yang merupakan kepanjangan dari trimer potensiometer, dan Potensiometer.

Baca lebih lengkap tentang Variabel Resistor di artikel ini : Mengenal dasar Variable Resistor atau Resistor tidak tetap

2. Jenis Resistor cahaya

Jenis Resistor ini disebut juga dengan Light Dependent Resistoratau disingkat LDR

3. Jenis Resistor suhu

Jenis Resistor ini memiliki karakteristik mirip dengan Positive Temperature Coefficient / PTC dan Negative Temperature Coefficient / NTC.

4. Resistor tetap (fix resistor)

Itulah beberapa pengertian dasar seputar Resistor. Semoga pembahasan seputar komponen Resistor ini bisa menjadi bahan referensi untuk Anda, agar lebih mudah dalam mempelajari dasar-dasar elektronika.

Artikel – artikel seputar Resistor :

Pembahasan sambungan seri dan paralel pada resistor

Panduan membaca nilai resistor dengan gambar lengkap

Pembahasan Resistor dan Cara Membaca Nilai Resistor

Faktor yang mempengaruhi nilai tahanan resistor

Sensor Optik Light Dependent Resistor (LDR)

Resistor, jenis, fungsi dan karakternya

Jenis Resistor sesuai Kontruksinya

Penyebab perubahan nilai resistansi pada Resistor

RESISTOR

Mengenal LDR dan VDR

Hubungan antara resistansi / hambatan dan suhu

Hukum Ohm dalam ilmu listrik

Pembahasan Komponen Pasif Elektronika ( jenis dan fungsinya)

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Latest posts by Abi Royen (see all)

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *