Mengenal komponen ELCB dan MCB

Diposting pada
Mengenal komponen ELCB dan MCB
Mengenal komponen ELCB dan MCB

ELCB adalah singkatan dari Earth Lake Circuit Breaker, secara bentuk keduanya mirip antara ELCB dan MCB (Mini Circuit Breaker). Fungsinya pun hampir mirip.

Komponen listrik ini berfungsi untuk pembatas kebocoran aliran listrik ke ground, sedangkan MCB secara garis besarnya adalah pembatas aliran listrik saja.

Pemutusan atau pembatasan hubungan arus listrik ini sangat bermanfaat bagi kita pengguna listrik terbesar. Untuk menghindari terjadinya tingginya tegangan listrik yang membahayakan biasanya para ahli elektro sangat mengandalkan kedua fungsi komponen ini.

Baca Juga :  Inovasi Brilliant, Transfer Listrik Tanpa Kabel

 

Sistem kerja ELCB dan MCB Berbeda

Pada MCB kita akan menjumpai diputusnya arus listrik yang tegangannya melebihi rate yang tertulis pada MCB tertentu. MCB akan melakukan pemutusan hubungan arus listrik saat tegangan arus listrik tidak sesuai dengan kapasitas pada MCB tersebut.

Sedangkan sistem kerja ELCB lebih spesifik lagi untuk segera mendeteksi terjadinya kebocoran listrik pada suatu rangkaian listrik.

Keberadaan kedua komponen ini sangat penting dalam perangkaian kelistrikan, terlebih pada rangkaian listrik besar. Pada seseorang yang mengalami sengatan listrik, MCB akan segera mengambil tindakan untuk memotong hubungan arus listrik ini.

Baca Juga :  Kontaktor Dan Penggunaannya

Namun, keberadaan ELCB lebih memantu karena fungsinya lebih kepada pendeteksi. Jadi sebelum sempat menyengat tubuh manusia, alat ini akan segera memutus hubungan arus listrik tersebut.

Alat pemutus ini pun juga memiliki fungsi yang sama sebagaimana fungsi yang dimiliki MCB untuk memutus membatasi arus listrik yang mengalir pada suatu rangkaian listrik.

Pada penggunaannya komponen pengaman listrik ini lebih sering digunakan untuk rangkaian arus listrik yang memiliki risiko besar. Harganya dibanding dengan MCB pun jauh berbeda Karena disesuaikan dengan fungsinya.

Baca Juga :  Tips untuk Menghindari Sengatan Listrik

ELCB lebih mempunyai banyak peminat dibanding MCB Karena fungsinya yang terlebih dahulu mendeteksi sebelum benar-benar terjadinya kebocoran arus listrik ini.

Satu lagi kelebihan dari alat penting listrik ini dibanding dengan MCB, bahkan bisa langsung memutus hubungan saat terjadinya gesekan antara konduktor dan arus listrik yang memiliki sensitivitas mulai dari taraf kecil hingga yang paling tinggi.

Berdasarkan kelebihannya ELCB kini menjadi standar pemasangan rangkaian listrik di kota-kota dan bahkan negara.

 

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.