Mengenal jenis komponen resistor LDR dan DVRAbi Blog

Mengenal LDR dan VDR

LDR

Light Dependent Resistor
Light Dependent Resistor

LDR adalah salah satu komponen elektronika jenis resistor yang memiliki sifat perubahan nilai resistansinya tergantung jumlah intensitas cahaya yang mengenai permukaannya.

LDR kependekan dari Light Dependent Resistor yang di buat menggunakan bahan semikonduktor ( semikonduktor yaitu bahan yang bukan konduktor maupun isolator). Penggabungan dari dua bahan utama yaitu:

  1. Sulfida Kadmium ( Cadmium Sulphide / CdS) dan
  2. Selenide Kadmium ( Cadmium Selenide / CdSe).

Bahan- bahan diatas merupakan bahan-bahan yang sensitif terhadap cahaya, hal ini bisa dilihat pada grafik gambar di bawah ini. Untuk jenis CdS atau Sulfida Kadmium memuncak pada sekitar 0,6ɥm dan untuk jenis CdSe atau Selenide Kadmium adalah memuncak pada 0,75ɥm.

Grafik perubahan nilai resistansi terhadap intensitas cahaya pada LDR
Grafik perubahan nilai resistansi terhadap intensitas cahaya pada LDR

Pada LDR jenis CdS didapatkan nilai 1MΩ pada saat sama sekali tidak meenrima cahaya atau gelap gulita dan nilai di bawah 1kΩ pada saat mendapatkan cahaya penuh pada permukaannya.

VDR

Voltage Dependent Resistor
Voltage Dependent Resistor

VDR adalah salah satu komponen elektronika yang juga berjenis resistor yang memiliki sifat perubahan nilai resistansinya tergantung jumlah tegangan yang melaluinya.

VDR kependekan dari Voltage Dependent Resistor, hambatan dari resistor ini akan turun pada saat tegangan yang masuk melaluinya melewati batas nominal yang ditetapkan.

Dalam operasi normal maka arus yang mengalir pada resistor diabaikan, namun pada saat nilai resistansi turun maka akan banyak energi dalam jumlah besar yang akan diserap.

Grafik perubahan nilai arus terhadap tegangan yang masuk pada VDR
Grafik perubahan nilai arus terhadap tegangan yang masuk pada VDR

VDR sering digunakan untuk rangkaian pengaman pada elektronika, ketika pasokan atau tegangan masuk pada sebuah sirkuit elektronika tidak stabil atau turun dan naik secara cepat, maka VDR berfungsi untuk meredam lonjakan tersebut.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *