Mengenal rumus dasar dan pemahaman InduktorAbi Blog

Mengenal rumus dasar dan pemahaman Induktor

Induktor adalah salah satu cara penyimpanan energi listrik dalam bentuk medan magnet. Seperti pada perangkat choke, filter maupun sirkuit pemilih frekuensi.

Karakteristik sebuah induktor ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain adalah: bahan inti, jumlah putaran dan dimensi fisik kumparan tersebut.

Pada gambar di bawah ini ditunjukkan sebuah induktor berinti udara.

Baca Juga :  Sejarah Penemuan Televisi
Dasar induktor inti udara
Dasar induktor inti udara

Pada prakteknya, setiap kumparan/koil memiliki nilai induktansi (L) maupun nilai resistansi (Rs), seperti gambar dibawah ini yang menunjukkan dua komponen diskrit.

Induktansi dan Resistansi Kumparan
Induktansi dan Resistansi Kumparan

Pada rangkaian berikut ditunjukkan, jika sakelar kiri terbuka, maka tidak ada arus yang mengalir dan juga tidak ada fluks magnetik yang dihasilkan oleh induktor.

Reaksi Induktansi dan Resistansi 1
Reaksi Induktansi dan Resistansi 1

Kemudian pada rangkaian selanjutnya, jika sakelar pada posisi tertutup, maka arus akan mengalir sebagai energi untuk menghasilkan medan magnet.

Reaksi Induktansi dan Resistansi 2
Reaksi Induktansi dan Resistansi 2

Namun perubahan medan magnet yang dihasilkan dari arus yang mengalir/masuk akan menghasilkan tegangan (ggl induksi) pada kumparan yang menentang masukan dari baterai.

Induksi EMF (GGL) yang dihasilkan dari fluks berubah dan secara efektif akan mencegah kenaikan arus pada rangkaian. Namun, sebaliknya arus akan meningkat perlahan-lahan sampai maksimum pada tingkat dimana tergantung terhadap nilai rasio induktansi (L) hingga Resistansi (R) yang ada pada rangkaian. Setelah beberapa waktu, kondisi menjadi steady state, kondisi steady state adalah kondisi dimana tegangan induktor akan turun hingga nilai nol (0) dan arus akan mencapai nilai maksimum ( hal ini ditentukan oleh rasio V ke R, kembali ke hukum Ohm).

Setelah melewati kondisi steady state, maka pada posisi sakelar terbuka, medan magnet akan tiba-tiba hilang dan energi akan kembali lagi ke sirkuit dalam bentuk GGL yang akan menghilangkan medan magnet pada kumparan.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *