Mengenali Komponen Elektronika Dasar

Bagi kamu yang rajin merawat tanya soal elektronika dasar, pada artikel ini (jawaban yang kamu nantikan) akan mengusir tanya di kepalamu. pengoperasiannya dengan mengendalikan pergerakan electron atau partikel yang mempunyai muatan listrik di dalam alat, seperti semikonduktor, komputer, televisi, termokopel, dan lain sebagainya.

Alat-alat tersebut akan kamu pelajari lebih lanjut menggunakan ilmu yang merupakan cabang dari fisika, ilmu yang sering kamu dapatkan di SD, SMP, atau pun di SMA (IPA).

Baca Juga :  Waspadai Bahaya Memperbaiki Barang Elektronik
Elektronika dasar
Elektronika dasar

Elektronika dasar

Pengertian Elektronika Dasar

Ah, tunggu dulu, jangan menyela. Sebelum bertanya, akan saya terangkan soal elektronik dasar. Di atas, paragraf pertama, sudah saya jelaskan soal elektronik, kini bagian selanjutnya. Bahwa elektronika dasar merupakan bagian dasar dari ilmu elektronik yang membahas atau mempelajari dasar-dasar komponen, seperti rangkaian, tegangan, karakteristik yang harus dipahami terlebih dahulu dalam membuat sebuah peralatan elektronika.

Komponen Elektronik Dasar

Setelah mengetahui elektronik dasar, mari, akan saya ajak ke pembahasan selanjutnya: komponen yang berisnggungan dengan elektronik dasar.

  1. Komponen pasif, merupakan komponen yang tidak bisa sendirian untuk membangkitkan suatu arus atau tegangan dalam elektronik dasar. Yang saya maksud, komponen pasif tidak akan berkerja atau berfungsi bila tidak adanya catu daya. Sebagai contoh, komponen ini laiknya inductor, resistor, kapasitor, dan transformator.
  2. Komponen aktif merupakan komponen dari suatu rangkaian elektronik yang bisa berfungsi dan bekerja jika dikombinasikan dengan catu daya luar. Akan saya beri contoh, seperti rangkaian terpadu (IC: IntegratedCircuit), diode, dan transistor.
  3. Komponen penunjang, merupakan komponen yang sifatnya melengkapi suatu rangkaian elektronik yang seringkali tidak mesti di dalam. Komponen ini ibarat konektor, saklar, dan lain sebagainya.

Nah, dari uraian saya di atas semoga memberikan infromasi yang mampu mengurangi pertanyaan-pertanyaan di kepalamu tentang elektronika dasar.

Meski tidak semua komponen dapat kamu sebut bagian elektronik dasar karena jumlahnya amat banyak. Saya sengaja membedakan tiga komponen saja agar lebih mudah mengetahui fungsi dari masing-masing komponen tersebut.

Mengenali Komponen Elektronika Dasar, Pengertian dan Komponen

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *