Mengukur nilai tahanan Isolasi dan Polarisation Index

Pengukuran tahanan dengan menggunakan metode input tegangan ke titik pengukuran dengan menggunakan alat pengukur High Voltage Tester atau biasa disebut Insulation Meter (Insulation Resistance Meter).
Tegangan yang dimasukkan ke titik pengukurang akan menghasilkan arus bocor disepanjang instalasi kabel atau titik pengukuran yang kemudian dikonversi pada alat Insulation Tester hingga menampilkan bacaan sebagai nilai hasil dari pengukuran tersebut.
Mengukur nilai tahanan isolasi dan polarisasi index
Mengukur nilai tahanan isolasi dan polarisasi index
Nilai bacaan yang berupa satuan tahanan listrik dalam satuan Mega Ohm. Beberapa teknisi menyebut alat yang digunakan sebagai Megger yang sebetulnya adalah salah satu merk atau brand insulation tester.
Tegangan yang dikeluarkan oleh Insulation Tester standar adalah antara 100 – 600 Volt untuk Low Voltage (tegangan rendah) dan antara 1000 – 5000 Volt untuk tegangan menengah (Medium Voltage).
Pengukuran pada instalasi listrik atau motor antara phasa ke grounding harus lebih besar dari 1 Mega Ohm, jika dibawah nilai tersebut kemungkinan terjadi low insulation pada sepanjang jaringan instalasi.
Polarisation Index atau PI dilakukan untuk mengetahui tigkat kelembaban / tingkat kekeringan, kebersihan dan keamanan sebuah isolasi jaringan pada instalasi maupun perangkat listrik.
Cara pengukuran dengan Polarisation Index adalah dilakukan dengan waktu 10 menit lalu membandingkan dengan hasil pengukuran isolasi selama satu menit.
Dan nilai PI-nya adalah dengan rumus:

PI=Pengukuran 1 menit / pengukuran 10 menit

  • Nilai isolasi dikatakan baik jika nilai PI adalah minimum 2 pada suhu 20C.
  • Nilai PI dibawah 1,5 menunjukkan bahwa ada bagian yang basah di sepanjang jaringan atau pada kumparan sebuah peralatan listrik.
  • Nilai PI di antara 1,5 – 2 adalah wasih batas wajar untuk digunakan namun prlu pengawasan.
Sesuai standar IEC, bahwa alat pengukuran bisa secara otomatis meng-konversi  pengukuran isolasi dan PI dengan keadaan suhu 20C. BVeberapa alat telah dibuat untuk dapat digunakan untuk pengukuran Isolasi maupun IP.
Menggunakan pengukuran Insulation Tester perlu memastikan bahwa titik yang akan diukur bebas dari alat-alat atau komponen yang peka terhadap tegangan tinggi, misalnya alat elektronika, lampu tegangan rendah, dll.
Loading...
loading...
Satu Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *