Teknisi Elektronika, Pengertian dan Langkah Menjadi TeknisiAbi Blog

Menjadi Teknisi Elektronika

Bagaimana cara menjadi teknisi elektronika

Pembahasan yang bagus tentang teknisi elektronika, dan bagaimana kiat menjadi seorang teknisi elektronika yang profesional. Pada dasarnya teknik elektronik sangat luas mencakup beberapa bidang lain namun masih dalam satu lingkup elektronik.

Kenyataannya untuk menjadi seorang teknisi elektronika tidaklah sesulit yang dibayangkan, dari pengalaman penulis, jenis pekerjaan ini dapat berawal dari sebuah kesenangan atau hobi. Beberapa teman tidak memiliki pengalaman pendidikan formal yang memadai, namun bisa secara mandiri menjadi seorang teknisi elektronik.

Tidak dapat dipungkiri untuk menjadi teknisi elektronika di sebuah perusahaan elektronika, misalnya pabrik manufaktur perangkat atau peralatan elektronika sering dipersyaratkan memiliki dasar pendidikan yang memadai di bidang elektronika.

Yang lebih penting menurut penulis, bahwa setiap pekerjaan disesuaikan dengan bidang keinginan dan bakat, itu akan menghasilkan pekerjaan yang sehati dan efek utamanya tentu kepada hasil dan produktifitas serta kualitas.

Teknisi Elektronika

Pengertian Tentang Teknisi Elektronika

Teknisi elektronika melakukan pekerjaan dalam lingkup bidang elektronika, termasuk di dalamnya adalah produksi perangkat atau pembuatan barang elektronik, perbaikan peralatan elektronika, penggantian dan perawatan perkakas elektronika, tes kondisi perangkat elektronika, hingga langkah kalibrasi barang – barang elektronika.

Secara mendasar untuk menjadi teknisi elektronika adalah memahami basic elektronika, memiliki ketrampilan mekanisme, memahami perhitungan rumus matematika yang berhubungan langsung dengan teknik elektronik maupun tidak langsung, pengalaman memecahkan masalah, yang terpenting adalah dapat berfikir secara logika, sistematis dan dapat melakukan observasi secara baik.

Apa yang dilakukan oleh seorang teknisi elektronika ?

Sebagai teknisi elektronika profesional, harus dapat melakukan kegiatan seperti : pengujian, kalibrasi, pemasangan, perbaikan dan pemeliharaan komponen elektronik di dalam perlatan elektronika.

Kegiatan seperti diatas termasuk pemahaman tentang elektronika secara detail dari pemahaman semua komponen elektronika, kecakapan membaca nilai komponen, ketepatan dalam penempatan komponen, kemahiran membaca skema elektronika, pemahaman terhadap sistem elektronika arus lemah maupun arus kuat.

Banyak sekali bidang turunan dari elektronika yang perlu dipahami sebagai dasar menjadi teknisi elektronika yang profesional, meskipun pada dasarnya tetap sama yaitu elektronika. Pengembangan untuk menjadi teknisi yang mumpuni mencakup kesanggupan dalam sub bidang elektronika seperti : peralatan komunikasi, televisi, perlengkapan audio video, sistem kontrol navigasi, simtem kontrol pengendali jarak jauh dll.

Bagaimana langkah menjadi teknisi elektronika ?

1. Mendapatkan pelatihan

Harap dipahami bahwa pelatihan bukan selalu didapatkan dari pendidikan formal, pelatihan bisa dari pengalaman pribadi yang selalu menggeluti dan terus memahami tentang elektronika secara otodidak. Jelas untuk pelatihan jalur formal merupakan dasar persyaratan yang diperlukan untuk masuk ke sebuah perusahaan peralatan elektronika.

Banyak kita lihat bahwa beberapa teknisi elektronika di sekitar kita tidak membutuhkan sertifikat khusus untuk membuka bengkel perbaikan elektronika. Rata – rata mendapatkan pengalaman dari pekerjaan itu sendiri dan terus update sesuai tingkat kesulitan pada prebaikan perangkat elektronika yang dikerjakannya.

2. Pemilihan sub bidang elektronika spesialis atau khusus

Memang penting juga untuk menjadi teknisi elektronika khusus , khusus artinya adalah memegang satu sub bidang elektronika. Keuntungannya adalah bisa memahami secara mendetail bidang yang dipilih, contohnya khusu perbaikan peralatan navigasi, khusus peralatan kontrol sistem, khusus peralatan rumah tangga, khusus peralatan frekuensi radio, khusus peralatan digital, dll.

3. Pertimbangkan masalah sertifikasi

Meskipun tidak terlalu penting untuk teknisi elektronika mandiri, namun sertifikasi ini sangat penting untuk sebuah karir sebagai teknisi di sebuah perusahaan. Untuk perusahaan besar misalnya perusahaan Oil and Gas Offshore misalnya, diperlukan tingkat sertifikasi yang di syaratkan. Tidak mungkin perusahaan besar seperti itu merekrut teknisi peralatan rumah tangga yang pengalamannya secara otodidak tanpa bukti kemahiran dibidangnya, meskipun kemampuan itu ‘mungkin’ ada.

4. Mendapatkan pengalaman kerja

Ini penting, pengalaman kerja adalah kunci dimana seorang teknisi telah melakukan dan mempelajari apa yang telah dikerjakan, menyelesaikan masalah – masalah yang timbul selama melaksanakan pekerjaan tersebut.

Pengalaman kerja secara tertulis yang kredibel tentunya sangat penting untuk upgrade karir di sebuah perusahaan dan atau ke perusahaan lain yang lebih baik.

5. Tetap melakukan pekerjaan dengan baik

Konsisten, menjadi seorang teknisi elektronik meskipun bebrapa langkah hebat telah dilakukan harus tetap meng-update kemampuan selama mengikuti atau melaksanakan pekerjaan yang sekarang dilakukan.

Karena istilah pengalaman adalah guru yang paling baik adalah benar, kemampuan akan terus meningkat sejalan dengan keberanian menyelesaikan masalah dan kesulitan menyelesaikan pekerjaan sebagai teknisi.

Demikian menurut penulis , langkah yang harus diambil dan dipertahankan untuk menjadi teknisi elektronika yang handal dan mengikuti kemajuan teknologi dan kemajuan jaman.

Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *