Panduan Merakit PC Gaming Berkwalitas dengan Modal sangat Minim

Merakit PC Gaming Berkwalitas dengan Modal sangat Minim ~ Merakit PC gaming dengan low budget bukan sesuatu yang mustahil bila kita tahu caranya. Yang perlu di lakukan adalah kesampingkan dulu fanatik anda pada merk tertentu dan lupakan fitur-fitur yang tidak terlalu terpakai.

Hal yang terpenting yang harus di pertimbangkan adalah tentang daya tahan dan opsi upgradeability sebuah perangkat. Karena tentunya PC merupakan platform yang dinamis, sehingga nantinya anda masih bisa melakukan upgrade jika budget anda sudah ada lagi.

Baca Juga :  Teknologi Masa Depan Perovskites komponen elektronik berbasis keramik
Merakit PC Gaming Berkwalitas dengan Modal sangat Minim 1
Merakit PC Gaming Berkwalitas dengan Modal sangat Minim

Merakit PC Gaming Berkwalitas dengan Modal sangat Minim

Nah langsung saja silahkan baca dan terapkan tips serta panduan di bawah ini, untuk mendapatkan suatu PC gaming yang handal dan mumpuni tetapi tanpa modal besar.

Prosesor

Untuk prosesor, kami sarankan untuk memilih Intel Core i3 3220 saja. Prosesor i3 3220 dapat memberikan efisiensi daya dan performa yang sangat baik. Prosesor ini juga telah dilengkapi dengan fitur Hyper Threading (dual core/4 thread) yang akan sangat cocok untuk berbagai aplikasi dan game saat ini.

Jika anda lebih cenderung menyukai PC Gaming yang menggunakan prosesor AMD, maka AMD FX-6300 Vishera merupakan pilihan yang kami rekomendasikan. Performa yang diberikan prosesor ini sangatlah baik, dilengkapi dengan spesifikasi Core Clock, cache, dan jumlah thread yang lebih tinggi dibanding pesaingnya pada harga yang setara. Selain itu, kemampuan Over-clocking juga dimiliki prosesor besutan Advanced Micro Device yang menjadikan performanya lebih tinggi lagi.

Merakit PC Gaming Berkwalitas dengan Modal sangat Minim 2

Motherboard

Motherboard atau papan induk PC yang akan sangat menentukan menjadi sebuah platform apakah PC tersebut nantinya. Kriteria sebuah motherboard PC Gaming minimal adalah telah dilengkapi dengan USB 3.0, SATA3, dan Gigabit LAN. Namun tentunya, akan lebih baik jika anda memilih motherboard yang murah dengan tetap tidak melupakan kualitas penggunaan komponen yang akan dipakai pada motherboard.

Dan dalam hal ini kami merekomendasikan motherboard ASRock B75M-DGS. Motherboard ini memberikan fitur “All Solid Capacitor” seperti yang terdapat pada motherboard berkelas High End. Motherboard ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 600 ribu rupiah saja.

Atau anda dapat memilih ASRock 980DE3 / U3S3 yang cocok untuk platform AM3+. Dengan harga kisaran dibawah 700 ribu, anda mampu memperoleh motherboard dengan kualitas komponen yang sangat baik.

RAM

Ukuran RAM yang cocok untuk PC game biasanya 4GB, dimana ukuran tersebut sudah sanggup memenuhi kebutuhan standar gaming. Anda bisa memilih Team Elite DDR3 PC12800 1600Mhz dengan Dual Channel 4GB (2x2GB) CL 11. Dengan harga yang sangat terjangkau, anda mampu mendapatkan RAM dengan kualitas nomor wahid yang dipersenjatai dengan heat spreader.

Merakit PC Gaming Berkwalitas dengan Modal sangat Minim 3

Storage Device

Menjadi pilihan yang sangat bijak untuk pilihan PC Gaming low budget anda dengan tidak mengabaikan kualitas, brand Western Digital atau yang populer dengan sebutan WD ini. WD Blue menjadi pilihan cerdas bagi anda yang mendambakan storage mantap dengan harga yang cukup terjangkau.

Graphic Card

Jika anda cenderung memilih NVidia, maka satu-satunya graphic card yang cocok adalah NVidia GeForce GT640 dengan basis GPU Kepler GK107. Namun, jika anda lebih menjatuhkan pilihan anda kepada AMD Radeon, maka AMD Radeon HD 7730. Dengan kualitas mumpuni, AMD Radeon HD 7730 ini termasuk mampu menampilkan detail yang baik pada game anda.

Power Supply

Ini juga merupakan oyang sangat penting karena penyuplaian daya dan listrik kepada seluruh komponen di dalam komputer bergantung sekali pada satu komponen ini. FSP Hexa series dengan kapasitas 400W pure menjadi pilihan yang tepat untuk PC Gaming Low budget anda.

Kemampuan menghantarkan dual Rail 12V + 17 Ampere yang tentunya sudah sangat mumpuni untuk mendongkrak spesifikasi komputer gaming anda. Dengan harga dibawah 400 ribu rupiah, PSU ini menawarkan kualitas build yang sangat baik dengan tambahan garansi seumur hidup.

Merakit PC Gaming Berkwalitas dengan Modal sangat Minim 4

Casing

Anda membutuhkan suatu wadah untuk menyatukan segala komponen yang anda rakit untuk PC Gaming anda. Infinity IN-412 No PSU dengan mid tower standar ATX menjadi pilihan yang sangat tepat.

Casing ini memungkinkan pemasangat 3 buah fan 12 cm yang akan berdampak pada sirkulasi udara dalam CPU anda. Dengan harga yang terjangkau, Casing ini memberikan fitur menarik untuk kebaikan motherboard anda.

Optical Drive

Lite On DVDRW SATA 24x Internal merupakan DVD ROM yang cukup baik, meski perangkat ini tergolong lawas, namun hingga saat ini komponen ini tetap dipertimbangkan sebagai komponen yang penting, terutama untuk membaca CD atau DVD game yang akan anda gunakan untuk menginstall game pada PC Gaming anda.

Total pengeluaran yang anda keluarkan untuk PC gaming di atas terbilang sangat murah apabila di bandingkan dengan anda membeli suatu PC yang udah jadi dengan kemampuan sejenis. Nah selamat mencoba dan apabila anda ingin lebih menghemat, tak ada salahnya jika anda membeli barang bekas pakai. Tentunya dengan catatan, barang tersebut masih dalam kondisi bagus.

Merakit PC Gaming Berkwalitas dengan Modal sangat Minim

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.