Multimeter untuk pengukuran instrumentasi

Multimeter untuk pengukuran instrumentasi

    Multimeter adalah alat yang sudah “biasa” digunakan oleh teknisi- teknisi, karena merupakan alat pengukuran terpenting dalam berbagai macam pekerjaan elektronika maupun instrumentasi.
   Multimeter adalah merupakan alat pengukuran kombinasi dari berbagai macam fungsi dasar pengukuran, yang mampu untuk pengukuran antara lain:
1. Tahanan ( Resistensi),
2. Tegangan AC/DC ( Voltage AC/DC),
4. Frekwensi (Frequency), dll.
Salah satu contoh adalah Mutimeter merk Fluke 189 dibawah ini.
Multimeter untuk pengukuran instrumentasi
Fluke 189
   Ini salah satu contoh multimeter yang mudah digunakan dan memenuhi standar kualifikasi sebagai brand yang memiliki akurasi tinggi dan sudah tidak asing lagi di dunia instrumentasi.
Keistimewaan Multimeter ini mampu adalah antara lain:
1. Pengukuran tegangan AC dan DC (AC/DC Voltage) diantara range 0,000001 Volt hingga 1.000 Vot,
2. Pengukuran Resistansi/ tahanan,
3. Pengukuran Kapasitansi,
4. Suhu ( Temperature),
5. Arus  (pada range 0,000001 hingga 10 Ampere).
   Selain itu yang cukup unik dan jarang dimiliki oleh Multitester pada umumnya adalah kemampuan untuk menangkap dan menyimpan minimum dan maksimum nilai yang di bacanya dalam memori internal.
    Alat mutimeter ini sering digunakan terutama oleh teknisi untuk keperluan perbaikan (service) dan termasuk alat yang mudah dalam pemakaiannya.
    Selain jenis mutimeter jenis genggam seperti contoh diatas (Fluke 189) ada jenis lain antara lain Fluke 47 dan HP 3470 dan keduanya merupakan jenis bench top meter yang memiliki pembacaan spectrum yang memungkinkan lebih memiliki resolusi dan akurasi yang lebih tinggi.
Multimeter untuk pengukuran instrumentasi
Fluke 47
 Klasifikasi sebuah Multimeter biasanya ditentukan oleh jumlah digit tampilannya. Setiap digit register 0-9, dan pada setengahnya ada pada 0 atau 1. Ketiga dan setengah digit mampu dalam pengukuran -1.999-1.999, dengan titik decimal yang terletak pada rentang dan tergantung pada kemampuan multimeter dan pengukuran yang diambil.
  Baca juga:  alat pengukur tegangan
Multimeter untuk pengukuran instrumentasi
HP 3474

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *