Peluang Kerja Lulusan Elektronika Negeri dan SwastaAbi Blog

Peluang Kerja Lulusan Elektronika

Bicara tentang elektro, pasti pikiran kita langsung tertuju pada rangkaian-rangkaian listrik yang sangat mengutamakan pedoman Ilmu Pengetahuan Fisika. Seiring perkembangan waktu, teknologi di dunia selalu mengalami perubahan dengan adanya pembuktian-pembuktian ilmiah sehingga tercipta teknologi baru. Banyak sekali peluang – peluang kerja lulusan elektronika yang bisa dilakukan, di dalam perusahaan maupun secara individu. Artikel ini akan membahas peluang kerja lulusan elektronika.

Hal ini sangat dipengaruhi oleh teknisi-teknisi yang berbakat dari akademisi teknik elektro sebagai pencipta sebuah teknologi baru. Selain itu, kehidupan di dunia ini juga tidak dapat terlepas dari hubungan peran ilmu ini. Berbagai peralatan canggih, mulai kelas rumah tangga, pabrik, hingga persenjataan, tercipta dengan andil ilmu elektronika ini. Maka dari itu, tidak heran jika saat ini jurusan elektronik sangat diminati oleh sebagian besar kalangan.

Baca Juga :  Cara membuat rangkaian pendeteksi suara sederhana

Peluang Kerja Lulusan Elektronika

Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Elektronika ?

Berikut ini adalah berbagai bidang perusahaan yang akan menampung para lulusan elektronika.

1. Perusahaan Milik Negara

Lulusan Elektronika dapat bekerja di perusahaan milik negara seperti PT. Telkom, Telkomsel, PT. Pertamina, Telkomsel, dan berbagai perusahaan lainnya.

2. Sebagai Pegawai Negeri Sipil

PNS yang dimaksud adalah dalam bidang sumber daya energi dan mineral, seperti Kementerian, dan Dirjen Ketenagalistrikan Sumber Daya Energi dan Mineral.

3. Sebagai Tenaga Pendidik

Anda bisa ber-karir di dunia pendidikan, seperti sebagai dosen jurusan teknik elektro dan teknik-teknik lainnya, serta menjadi tenaga didik di Sekolah Menengah Kejuruan dengan jurusan instalasi listrik, teknik listrik, elektronika industri, audio video, dan sebagainya.

4. Sebagai Pengusaha

Menjadi wiraswasta dengan keuntungan yang besar saat ini menjadi incaran banyak kalangan masyarakat. Dengan berbekal pengetahuan tentang elektro, Anda dapat membuka usaha seperti yang berhubungan dengan listrik dan komputer, menjadi tutor pada bidang kelistrikan, bisnis instalasi listrik, start up, elektroniks industri, dan masih banyak lagi

Baca Juga :  Macam – Macam Gerbang Logika Dasar Dan Aplikasinya

5. Pegawai di Perusahaan Swasta

Untuk lingkup kerja di perusahaan tentu sangat luas sehingga peluang Anda untuk bekerja menjadi semakin tinggi. Anda dapat bekerja di berbagai perusahaan dengan basis software, elektronik, hardware, maupun telekomunikasi, seperti di perusahaan xl axiatas, indosat, telkomsel, depkominso, dan lain-lain.

Menjalani jenjang pendidikan setinggi mungkin akan memudahkan Anda dalam mencari peluang kerja dalam bidang elektronika. Perlu diingat bahwa mencari peluang kerja lulusan elektronika  tetap harus didasari dengan niat dan kemauan yang keras.

Baca Juga :  Sejarah Antena

Demikian se-cuplik informasi yang dapat kami bagikan. semoga bermanfaat dan menjadi referensi yang berguna bagi Anda.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Latest posts by Abi Royen (see all)

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *