Pemasangan Kabel Tray dan Alat-alat Yang DibutuhkanAbi Blog

Kabel Tray dan alat-alat yang dibutuhkan dalam pemasangannya

Alat – Alat Yang Dibutuhkan Untuk Pekerjaan Pemasangan Kabel Tray

Dalam pekerjaan fabrikasi dan pemasangan kabel tray diperlukan alat-alat pendukung, antara lain adalah:

  1. Metal Cutting Saw atau alat pemotong metal/ logam.
  2. Bahan ukuran.
  3. Obeng set.
  4. Bor.
  5. Gambar rencana.
  6. Kunci – kunci.
  7. Benang nylon atau bisa menggunakan laser.
  8. Sealant untuk pemotongan tepi.
  9. Cutting Saw (fiberglass).
  10. Alat pengukur level.
  11. Meteran.
  12. Siku.
  13. Offset Bolt Cutter ( wire mesh).
  14. Masker.
  15. Alat-alat keselamatan yang dibutuhkan.

Secara umum penempatan support sudah ditentukan sesuai gambar rencana, hal ini penting mengingat penempatan support kabel tray berhubungan dengan struktur bangunan. Perlu koordinasi lanjutan untuk perubahan karena keadaan lapangan.

Pemasangan Kabel Tray
Pemasangan Kabel Tray

Dalam gambar rencana bangunan secara detail menyertakan perencanaan pemasangan kabel tray . Termasuk di dalamnya adalah jalur kabel tray, ketinggian kabel tray, dan penempatan kabel tray di antara instalasi yang lain.

Langkah pengerjaan pertama pemasangan / instalasi kabel tray adalah menentukan level / ketinggiannya . Tahap ini bisa menggunakan cara sederhana dengan water pass maupun dengan menggunakan laser.

Menggunakan benang nylon di sepanjang jalur kabel tray akan mempermudah penempatan titik support kabel tray.

Penggunaan support gantung jenis ulir sangat di anjurkan untuk mempermudah setting ketinggian dengan menaikkan ketinggian support dengan penahan mur.

Bagian yang sangat vital dalam pemasangan kabel tray adalah kekuatan support, bukan hanya bagian logam penahan, namun juga penguatan ke struktur, dalam hal ini biasa menggunakan dynabolt atau dyna set.

Pertimbangan dalam pembuatan support kabel tray adalah berat dari kabel tray sendiri, ketebalan kabel tray, lebar penampang dll mempengaruhi perhitungan kekuatan yang dibutuhkan untuk pembuatan support.

Hal yang perlu diingat bahwa support dan kabel tray dipersiapkan juga untuk beberapa waktu kedepan, bahwa kemungkinan besar ada penambahan beban atau jumlah kabel yang akan melewatinya suatu saat.

Tentunya hal ini berpengaruh dalam persiapan kekuatan support yang di buat / di-fabrikasi. Demikian artikel tentang pemasangan kabel tray dan alat-alat yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pekerjaan.

Faktor-faktor lain mungkin berbeda pada setiap pekerjaan pemasangan kabel tray, namun pada dasarnya tetap sama, semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
One Comment

Buat Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *