Pembagian Frekuensi Band ( Frequency Band)

Diposting pada

Pembagian Frekuensi Band ( Frequency Band)

   Ada sejumlah band frekuensi dialokasikan untuk kepentingan LMR. Yang merupakan frekuensi khusus yang telah ditetapkan di tingkat internasional, dalam konferensi internasional yang diakui oleh seluruh negara di dunia, dengan International Telecommunications Union (ITU). 

   Administrasi dan pembagian band frekuensi dalam LMR di Amerika Serikat dilakukan oleh dua instansi pemerintah yang berbeda. FCC menyediakan penetapan frekuensi dan lisensi untuk semua pengguna non-pemerintah. Pengguna pemerintah mendapatkan penetapan frekuensi melalui NTIA.
   Band LMR dijelaskan berikut dibagi untuk penggunaan pemerintah saja, bersama pemerintah dan penggunaan non-pemerintah, dan non-pemerintah hanya menggunakan. Bagian dari beberapa band dapat dipergunakan bersama dengan layanan lainnya seperti ponsel, maritime mobile, ponsel satelit (mobile satellite) dan siaran televisi.
Pembagian Frekuensi Band ( Frequency Band)

1. VHF Low-Band ( Very High Frequency Low band)

    Band ini terletak di 25 MHz sampai 50 MHz dan umumnya menggunakan saluran 20 kHz lebar. Rentang komunikasi dapat menjadi yang terbesar dalam band ini, namun sinyal radio yang berjalan dan pantulan tidak efektif di area bukit, bangunan, dan permukaan lainnya, sehingga memungkinkan munculnya bintik-bintik (spots) dalam area umum cakupan base station. Pada frekuensi ini, terutama di titik terendah dari band, terbatasi oleh ionosfer “skip,” yang dapat membawa sinyal jarak yang sangat jauh (dan menjadi penyebab gangguan untuk pengguna lain). Band ini juga memiliki ambien kebisingan tingkat tinggi, yang mengurangi kinerja penerima dalam beroperasi dibandingkan dengan yang lain band lain, yaitu band frekuensi tinggi (higher frequency-bands).

2. VHF High Band ( Very High Frequency High band)

    Band ini terletak di 150 MHz sampai dengan 174 MHz dan menggunakan saluran 25 kHz atau 30 kHz. Saluran yang berdekatan mungkin dipisahkan oleh 12,5 kHz sampai 15 kHz untuk sistem yang terpisah secara geografis. sinyal radio di band lebih pendek. Kisaran propagasi, nilai kebisingan yang kurang daripada di VHF Low Band, dan tidak terbatasi oleh ionosfer “skip”. Dapat melewati bukit dan hambatan lain di sekitar sehingga mengurangi daerah diluar cakupan.

3. UHF Band

   Terbagi band pertama yang berada di 406 MHz sampai dengan 420 MHz dan ditujukan untuk penggunaan pemerintah. Band kedua terletak di 450 MHz sampai dengan 470 MHz dan ditujukan untuk penggunaan non-pemerintah. Band yang terakhir, dari 470 MHz ke 512 MHz, merupakan saluran televisi UHF 14 sampai 20 di beberapa kota-kota besar. Ketiga Band UHF memiliki lebar 25 kHz. Pada rentang propagasi di pita UHF bahkan kurang dari itu ditemukan di VHF High Band. Namun, sinyal radio dapat dipantulkan di area bukit dan bangunan, sehingga area mati (skip) sangat kecil.

4. 700 MHz Band    

Band-band baru dari 764 MHz sampai dengan 776 MHz dan 794 MHz sampai dengan 806 MHz telah diusulkan oleh FCC. Ini saluran baru akan dikonversi dari saluran TV 63-64 dan 68-69 penggunaan keselamatan Publik. saluran akan baik narrowband untuk suara ditambah kecepatan rendah data atau wideband (hingga 150 kHz) untuk data kecepatan tinggi.

5. 800/900 MHz Band    

Bagian dari spektrum radio dari 806 MHz sampai dengan 940 MHz dibagi antara banyak layanan, termasuk telepon seluler, paging, keamanan non-publik, dan konvensional dan keselamatan publik serta pemerintah.    Pengguna pemerintah, bagaimanapun, tidak memiliki otorisasi dalam spektrum ini. saluran untuk keselamatan publik disediakan dalam blok yang umumnya memiliki lebar 25 kHz. Blok ini berada di beberapa lokasi dalam bagian ini dari spektrum radio. Sinyal radio ini dapat memantul di bukit, bangunan, kendaraan, dan lain-lain. Kisaran propagasi untuk ini lebih pendek daripada untuk band UHF.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

One thought on “Pembagian Frekuensi Band ( Frequency Band)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.