Inovasi Baru, Menciptakan Pembangkit Listrik Tenaga GaramAbi Blog

Inovasi Baru, Menciptakan Pembangkit Listrik dari Garam

Pembangkit Listrik Tenaga Garam

Mencari alternatif sumber energi merupakan suatu penelitian yang saat ini terus digagas oleh para ilmuwan. Mereka semua merasa khawatir sumber energi yang telah digunakan selama ini akan habis sehingga mereka berusaha mencari inovasi-inovasi baru yang bermanfaat. Beberapa pembangkit listrik yang telah ditemukan di antaranya adalah nuklir, udara, air, panas bumi, gravitasi bumi, magnet, serta cahaya matahari. Dan penemuan baru yang ditemukan oleh para ilmuwan berjasa tersebut adalah pembangkit listrik tenaga garam.

Pembangkit Listrik tenaga Garam

Prinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Garam

Penemuan sumber energi dengan bahan dasar yang sangat ekonomis merupakan penemuan cerdas yang perlu diacungi jempol. Penelitian yang ditemukan oleh para ilmuwan dari Stanford University Amerika Serikat ini memiliki prinsip kerja hampir sama dengan sebuah baterai konvensional.

Baca Juga :  Mengenal alat pengukur tegangan ( Voltage Measurement)

Dengan menggunakan baterai galvanis, air garam yang mengandung natrium klorida ini akan ter-ionisai menjadi ion positif yaitu natrium dan ion negatif yaitu klorida. Dan menjadi sumber energi yang dapat menghasilkan listrik seperti nyala lampu pada percobaan yang dilakukannya, dengan waktu yang lama.

Percobaan awal yang dilakukan adalah dengan menggunakan air garam dengan volume 200 ml dan hasilnya adalah sebuah lampu dapat menyala selama kurang lebih 8 jam. Namun, setelah 8 jam, baterai tersebut harus diganti dengan yang baru karena sudah tidak dapat menghasilkan listrik dalam waktu 6 bulan ke depan.

Cara Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Garam

Menguji efektivitas sumber energi baru ini bisa Anda lakukan dengan cara yang mudah. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan yaitu, gelas, air garam, kebel, baterai, kabel, dan lampu.
  2. Lalu, masukkan air larutan garam tersebut ke dalam gelas
  3. Disusul dengan memasukkan baterai dan hubungkan kabel yang telah terhubung ke lampu, melalui kutub positif dan kutub negatif.
  4. Jika lampu dapat menyala berarti proses kerja Anda telah berhasil
Baca Juga :  Sejarah Perkembangan PLN di Indonesia
Rancangan Sederhana Pembangkit Listrik tenaga Garam
Rancangan Sederhana Pembangkit Listrik tenaga Garam

Itulah beberapa penjelasan yang dapat kami bagikan mengenai cara menciptakan sumber energi listrik yang baru dengan menggunakan bahan yang murah dan sangat mudah Anda dapatkan yaitu menggunakan larutan air garam.

Setelah dilakukan penelitian tersebut, di Filipina mulai memanfaatkan pembangkit listrik air garam untuk menyalakan 600 lampu setiap harinya.

Baca Juga :  Istilah yang berhubungan dengan sistem Dynamic Positioning

Demikian informasi ini kami bagikan. semoga dapat menjadi referensi baru bagi Anda.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Latest posts by Abi Royen (see all)

8 Comments

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *