Pemipaan Dalam Tanah ketahanan terhadap korosiAbi Blog

Pemipaan dalam tanah

Pemipaan dalam tanah menggunakan Pipa Black Steel

Pipa BS untuk instalasi pemipaan dalam tanah memerlukan perlindungan lebih ekstra daripada pemipaan di udara terbuka.

Dan itu dikarenakan tingkat kelembaban di dalam tanah lebih memungkinkan terjadi percepatan perkaratan.
Pemipaan dalam tanah, embebatan dengan karung plastik
Pemipaan dalam tanah, embebatan dengan karung plastik
Untuk memahami jenis – jenis pipa, baca artikel ini : Jenis – jenis pipa untuk instalasi air
Dibanding untuk pemipaan di udara terbuka yang biasanya cukup hanya dengan pengecatan. Alternatif pertama adalah pemakaian bahanp lincoat untuk penahan atau isolir kelembaban dalam tanah.
Ada cara kedua yang lebih ekonomis yaitu pemakaian aspal atau tir, seperti dalam gambar, dengan cara aspal dipanaskan hingga mencair lalu dioleskan ke sepanjang penampang pipa secara merata.
Aspal masih dalam keadaan panas agar bisa menyatu pada pemipaan dalam tanah
Aspal masih dalam keadaan panas agar bisa menyatu pada pemipaan dalam tanah
Kemudian di bebat dengan karung goni atau bisa memakai karung bukan goni , tujuannya untuk menekan tingkat kelecetan olesan aspal pada proses penempatan atau-pun pada proses alami di dalam tanah.
Untuk finishing oleskan kembali aspal ke bagian luar dari bebatan karung tadi sehingga didapatkan hasil yang lebih kuat menyatu. Untuk tanah- tanah didaerah berdekatan dengan laut , ini sangat penting mengingat tingkat kandungan garam dalam air tanah lebih tinggi.
Aspal harus benar benar rata
Aspal harus benar benar rata
Khusus untuk instalasi air panas, baca artikel ini : Bahan pipa untuk air panas
Pemasangan pipa BS sch40 pada kedalaman tanah, memerlukan material pelindung yang mampu melindungi pipa dari korosi dari kelembaban tanah.Dalam hal ini bisa kita pakai suatu bahan “plincout” yang dibasahkan pada karung goni kemudian di babatkan sepanjang pipa.
Untuk alternatif kedua kita bisa memakai bahan aspal atau tir yang dicairkan dengan pemanasan dan dioleskan pada sekujur pipa, kemudian kita bebat dengan karung goni.Terbukti inipun mampu menahan pipa dari suhu dalam tanah serta dari korosi.
Perlindungan pada pemipaan dalam tanah sangatlah penting, terutama di area yang kadar garam air tanahnya tinggi, pertu perlindungan lebih dibandingkan dengan di area yang memiliki kadar garam rendah.
Contoh pemipaan dalam tanah di gedung BPK Kupang yang menggunakan besi BSsch40 cukup menggunakan perlindungan seperti yang dijelaskan di atas, karena kondidi tanah yang memungkinkan, yaitu memiliki kadar garam rendah yang berpengaruh pada rendahnya proses korosi.
Demikian artikel pemipaan dalam tanah semoga bermanfaat.
Pipa diukur dengan istilah schedule, untuk memahami schedule pipa baca yang ini : Schedule pipa dan tabel schedule
tomtop.com INT
Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *