Cara Pengajuan dan Biaya Pemasangan Listrik Baru

Diposting pada

Pengajuan Pemasangan Listrik

Anda mungkin memiliki rumah atau bangunan baru yang belum terpasang listrik dan berencana untuk melakukan pengajuan pemasangan listrik? Jika iya, Anda bisa menggunakan pilihan listrik prabayar yang disediakan oleh PLN. Sebab, PLN sudah tidak menyediakan meteran listrik pasca bayar atau jenis meteran listrik jadul.

Lalu, berapa biaya yang diperlukan? Dan bagaimana cara pengajuan pemasangan listrik tersebut? Pertanyaan ini sering diajukan oleh berbagai kalangan. Sebab, hampir setiap lokasi yang sudah tersedia akses listrik akan melakukan pengajuan pemasangan listrik pada gedung atau rumah yang mereka miliki.

Pengajuan Pemasangan Listrik
Pengajuan Pemasangan Listrik

Untuk itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi seputar informasi yang berhubungan dengan cara pengajuan pemasangan listrik ke PLN serta biaya yang diperlukan. Berikut ulasan selengkapnya.

Alur Pengajuan Pemasangan Listrik Pertama

Ketika Anda hendak memasang listrik baru atau pertama kali, maka Anda harus melewati beberapa prosedur yang telah ditentukan, yaitu sebagai berikut :

  1. Silahkan Anda mendatangi Kantor Pelayanan PLN yang berlokasi paling dekat dengan lokasi rumah atau bangunan yang direncanakan untuk dilakukan pemasangan listrik. Mohon untuk melampirkan beberapa berkas administrasi berikut ini :
  • Denah atau peta dari lokasi bangunan yang akan dipasang listrik.
  • Foto Kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Ijin Mengemudi (SIM) sebagai tanda bukti diri dari pihak yang mengajukan pemasangan listrik.
  • Melampirkan Surat Kuasa apabila proses pengajuan pemasangan listrik tidak dilakukan secara langsung oleh pihak yang bersangkutan (diwakilkan).
  • Menyiapkan biaya yang diperlukan untuk pemasangan listrik baru.
  1. Selain mendatangi Kantor PLN, Anda juga dapat melakukan pengajuan untuk pemasangan listrik pertama melalui Call Center PLN yang tersedia dengan nomor 123.
  2. Setelah semua berkas yang diperlukan terkumpul, maka proses selanjutnya adalah pihak yang bertugas melakukan pemberkasan untuk persiapan pemasangan listrik baru tersebut.
  3. Kemudian dilanjutkan dengan proses survey di lapangan untuk memastikan jarak lokasi bangunan dengan tiang listrik terdekat, kondisi teknis di sekitar lingkungan jarak bangunan dengan trafo terdekat, serta informasi teknik lain yang diperlukan untuk keperluan pemasangan listrik baru.
  4. Setelah survey lapangan selesai dilakukan oleh pihak yang bertugas, kemudian calon pelanggan melakukan proses pembayaran yang dapat dilakukan dengan datang langsung ke Kantor PLN terdekat atau dengan cara tranfer via bank yang telah bekerjasama.
  5. Jika proses pembayaran administrasi telah dilakukan, kemudian calon pelanggan diminta untuk melakukan penandatanganan SPJBTL atau Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik.
  6. Dan terakhir, PLN akan segera melakukan proses penyambungan listrik pada bangunan yang telah disepakati. Tentunya setelah proses administrasi telah selesai dilakukan dan teknisi telah memasang semua perangkat yang diperlukan untuk penggunaan listrik.
Baca Juga :  Rangkaian Elektronika Sederhana Untuk Pemula

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

  1. Anda dapat menentukan pilihan sendiri mengenai Perusahaan Instalatur mana yang akan menyambungkan saluran listrik pada lokasi bangunan yang direncanakan untuk dipasang.
  2. PLN tidak berwenang atas semua instalasi listrik yang ada di dalam rumah atau bangunan milik pelanggan, sebab semua instalasi tersebut merupakan miliki pelanggan.
  3. PLN juga tidak berwenang atas semua ketentuan instalasi listrik.
Baca Juga :  Mencegah Panas Berlebih Pada Transistor Power Amplifier

Biaya Pemasangan Listrik

Mengenai biaya pemasangan instalasi baru ditawarkan dengan tarif yang bermacam-macam. Perbedaan tarif tersebut dipengaruhi oleh kondisi jaringan listrik di sekitar lokasi bangunan yang akan dipasang listrik, apakah dilakukan pembuatan jaringan yang baru, serta dukungan-dukungan komponen yang telah terpasang.

Jadi, dapat dikatakan bahwa setiap lokasi yang akan dipasang juga dikenakan biaya yang berbeda. Untuk mengetahui lebih pasti berapa perkiraan biaya yang diperlukan, Anda dapat menghubungi Call Center 123 dari PLN terlebih dahulu.

Baca Juga :  Rumus Cara Menghitung Nilai Induktor Sambungan Seri dan Paralel

Kemudian PLN akan mengirimkan petugas untuk melakukan pengecekan pada kondisi jaringan di lokasi yang akan dipasang listrik. Dan pada pemeriksaan tersebut akan ditarik kesimpulan mengenai biaya pemasangan yang akan dibebankan pada pelanggan.

Biaya pemasangan listrik yang ditentukan PLN mengacu pada peraturan yang dibuat oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral tahun 2014. Adapun biaya yang dibebankan untuk pemasangan listrik baru adalah sebagai berikut :

  • Rp 421.000,00 untuk daya 450 VA
  • Rp 843.000,00 untuk daya 900 VA
  • Rp 1.218.000,00 untuk daya 1.300 VA
  • Rp 2.062.000,00 untuk daya 2.200 VA

Demikian sedikit ulasan yang dapat kami sampaikan sehubungan dengan pengajuan pemasangan listrik baru melalui PLN. Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

8 thoughts on “Cara Pengajuan dan Biaya Pemasangan Listrik Baru

  1. Saya sudah mencoba telp 123 dan selalu di jawab “selamat kemudian 1 pengaduan 2 .. 3 .. saya pencet no 3 tidak bisa,
    saya mau pasang listrik dengan cara yang sesuai ketentuan ( tidak lewat calo) tapi kok sepertinya susah ya,,.
    Apakah

  2. saya sudah satu bulan bayar pendaftaran di kantor pos tapi kok belum terpasang…

    apakah hanya bayar pendaftaran…??? ataukah ada biaya lain..??

    nelfon 123 disuruh sabar dan tunggu akan segera dipasang… begitu kata mbak 123 nya.

    Lalu datang ke PLN ternyata harus bayar SLO…
    kenapa mbak 123 nggak ngasih tau kalok harus bayar SLO ya…??
    yang saya tau dari mbak 123 adalah jangan memberikan tips atau biaya apapun demi indonesia yang sehat…. dan terimakasih atas ketidak nyamanan nya….

  3. TERIMA KASIH sblmx, saya ingin menanyakan bagaimana cara mengajukan permohonan tuk masyarakat yang ingin mengajukan pemasangan baru tetapi belum terjangkau tiang pln

  4. Prosedur yg diterangkan itu tdk salah, tetapi masalahnya petugas pln itu bermaen dengan para agen2 listrik yg jlas ada kesepakan fee antar mereka,..?
    pokoknya indonesia oh indonesia…kalau b7sa diperjualbelikan mengapa harus dimudahkan….he3

  5. saya mau bertanya< apa persyaratan untuk warga negara asing untuk melakukan amprah listrik baru, surat surat apa saja? apakah benar harus memiliki surat ijin tinggal di indonesia? terimakasih

  6. Sebenarnya brp biaya untuk pemasangan baru listrik kmren sya dteng langsung k pln cabang marunda di harapan indah
    Biaya untuk pasang baru 900 va 1.8 tolong i fonya dong kan lumayan itu uangnya

  7. Sebenarnya brp biaya untuk pemasangan baru listrik 900 va saya kmren datang ke pln nanya Biaya untuk pasang baru 900 va 1.8 tolong infonya dong kan lumayan itu uangnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.