Pengertian apakah induktor

Diposting pada

Induktor 

Pengertian Induktor

   Induktor merupakan komponen elektronika yang berfungsi untuk menyimpan energi magnetik dan digunakan sebagai beban induktif. Besaran yang diukur pada induktor adalah induktansi yang di notasi sebagai L. Satuan nilai induktansi yaitu henry (H).

   Induktor sering digunakan pada sirkuit analog dan pemroses sinyal. Induktor besar digunakan pada catu daya untuk menghilangkan dengung, dan induktor kecil digunakan pada kabel untuk mencegah interferensi frekuensi radio yang melaluinya.

Kombinasi Induktor

   Kombinasi induktor kondensator digunakan sebagai rangkaian tala dalam pemancar dan penerima radio. Dua induktor atau lebih yang terkopel secara magnetik membentuk transformator.
 Induktor digunakan sebagai penyimpan energi pada beberapa pencatu daya moda sakelar. induktor juga digunakan dalam sistem transmisi listrik untuk menghilangkan paku-paku tegangan yang berasal dari petir, serta membatasi arus pensakelaran dan arus kesalahan (korleting).

   Dalam bidang ini induktor sering disebut reaktor.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.