Pengertian Bioteknologi Beserta Pemanfaatannya Dalam Kehidupan

Bioteknologi

Pengertian Bioteknologi

Jika mendengar kata “ Bioteknologi ”, apa yang terbersit di pikiran Anda? Atau bahkan Anda sama sekali tidak mengetahuinya? Atau pernah mendengar, tapi tidak tahu apa itu? Yup! Bagi sebagian orang, terutama yang berkecimpung dalam dunia sains, pasti sudah tidak asing lagi mengenai bioteknologi ini. Tetapi untuk kebanyakan orang, saya yakin kata itu, masih asing dan tidak dimengerti maksudnya. Berikut, pada bahasan kali ini, saya mengangkat tema sains yang mengusut tentang apa pengertian bioteknologi. Mulai dari definisi, jenis-jenisnya, produk olahan maupun manfat dan dampak negatifnya.

Baca Juga :  Cara Kerja Piezoelektrik dan Pengertiannya
Pengertian Bioteknologi
Pengertian Bioteknologi

Penasaran seperti apa pengertian bioteknologi ? Simak seksama bahasan berikut ini.

Definisi

Bioteknologi merupakan ilmu yang mempelajari atau penelitian guna memaksimalkan pemanfaatan makhluk hidup, baik itu bakteri, virus, fungi, serta masih banyak lagi lainnya.

Penggolongan Bioteknologi

Pada hakikatnya, Bioteknologi dapat dibagi menjadi 2 golongan, yaitu:

a) Bioteknologi Konvensional (Tradisional)

Definisi dari bioteknologi konvensional tidak lain adalah bioteknologi yang dalam proses produksinya memanfaatkan mikroorganisme. Hal ini berujuan untuk memproduksi asam asetat, gula, alkohol, atau bahkan bahan makanan lain seperti tempe, kecap, tape atau bisa juga oncom

b) Bioteknologi Modern

Sesuai namanya, bioteknologi modern adalah bioteknologi yang sudah dikembangkan sedemikian rupa mengikuti metode kekinian. Yang mana tentunya, dalam pengembangannya tidak luput dari prinsip ilmiah maupun suatu riset. Namun, upaya yang dilakukan dan diusahakan orang dalam penghasilan produk bioteknologi modern ini lebih bersifat efektif dan efisien.

Misalnya saja contoh yang dapat kita lihat tentang produk yang berhasil diciptakan melalui bioteknologi modern ini salah satunya adalah rekayasa genetika. Yaitu cara pemanipulasian gen demi terciptanya makhluk hidup yang baru dengan sifat yang sudah ditentukan (diinginkan penciptanya).

Kesuksesan rekayasa genetika ini tidak lain didukung oleh sel DNA sebagai penggabung antara sifat- sifat makhluk hidup, hingga pada akhirnya terciptalah suatu sifat, seperti yang di kehendaki.

Manfaat Bioteknologi

Bioteknologi mempunyai manfaat yang sangat besar dalam kehidupan kita. Seiring perkembangan jaman, manfaatnya pun semakin di sesuaikan dan di sempurnakan sesuai kebutuhan. Beberapa proses bioteknologi secara umum banyak yang telah kita gunakan dan kita rasakan manfaatnya dalam kehidupan nyata. Beberapa dia antaranya seperti ulasan di bawah ini

  1. Bioteknologi merupakan penghasil obat-obatan yang lebih efektif dan pastinya murah meriah. Dalam hal ini yang dapat kita ambil contoh adalah pembuatan hormon insulin. Pembuatan hormon insulin ini didapati dari isolasi gen yaitu Bakteri E. Coli.
  2. Mengurangi pencemaran lingkungan. Anda pasti sudah tau akan dampak buruk pencemaran lingkungan, Cobalah untuk memanfaatkan beberapa bakteri pengurai yang dapat mendaur ulang dengan cara menghancurkan sampah (sampah organik) dan juga bisa digunakan untuk membersihkan sisa minyak yang berceceran di dalam laut.
  3. Bioteknologi sebagai penghasil antibiotik Bioteknologi juga bisa digunakan untuk menghasilkan antibiotik yang dapat membunuh penyakit berbahaya. Harganya juga cukup terjangkau dan sudah dijual di berbagai apotik.
  4. Bioteknologi sebagai peningkat produksi pertanian
    Dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi pertanian karena bioteknologi ini dipercaya mempunyai daya tahan tinggi jika diletakkan di kondisi lingkungan ekstrim sekalipun. Telah banyak percobaan yang telah di lakukan, dan terbukti pemanfaatan bioteknologi tersebut berdampak positif bagi pertanian.

Dampak Negatif Yang Diakibatkan Bioteknologi

Selain mempunyai manfaat bagi kehidupan, ternyata bioteknologi juga mempunyai dampak yang negatif jika dimanfaatkan oleh orang yang tidak mengerti dan paham tentang lingkungan. Berikut beberapa bahaya yang dapat saya maksudkan:

  1. Jika tidak pandai-pandai dalam memanfaatkan produk berupa tanaman transgenik, justru dapat mengurangi jumlah spesies yang sudah ada di alam.
  2. Dengan adanya bioteknologi, tidak menutup kemungkinan dapat juga menghilangkan beberapa jenis tumbuhan dan hewan tertentu yang sudah ada. Hewan atau tumbuhan berkualitas bagus akan terus bagus dan disempurnakan sementara yang kurang bagus bisa saja dimusnahkan.
  3. Anda juga harus berhati-hati jika mengonsumsi produk dari olahan bioteknologi. Karena bisa saja produk olahan bioteknologi tersebut tidak cocok dengan gen asing yang masuk pada tubuh.

Demikian ulasan mengenai pengertian bioteknologi, produk olahannya, maupun dampak positif negatifnya. Semoga membantu.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *